Strategi Budidaya Ikan Koi Dalam Mengembangkan Perekonomian Masyarakat Muslim Di Desa Sumber Kemuning Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso

Hakim, Muhamad Lukman (2024) Strategi Budidaya Ikan Koi Dalam Mengembangkan Perekonomian Masyarakat Muslim Di Desa Sumber Kemuning Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK 213 ES 2024)
SKRIPSI LUKMAN-1-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci : Strategi Budidaya, Ikan Koi, Pengembangan Perekonomian
Usaha budidaya ikan koi salah satu peran penting dalam mengembangkan
perekonomian masyarakat. Keberadaan usaha budidaya ikan koi telah berhasil
berkontribusi pada pengembangan perekonomian masyarakat, hal ini terjadi
karena usaha budidaya ikan koi memberikan sumber pendapatan bagi pemilik
usaha maupun masyarakat sekitar.
Fokus masalah dalam penelitian skripsi ini adalah : (1) Bagaimana startegi
pengembangan produk budidaya ikan koi dalam mengembangkan perekonomian
masyarakat muslim Desa Sumber Kemuning. (2) Bagaimana strategi pemasaran
budidaya ikan koi dalam mengembangkan perekonomian masyarakat mslim Desa
Sumber Kemuning.
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk menggambarkan strategi
pengembangan produk budidaya ikan koi dalam mengembangkan perekonomian
masyarakat muslim Desa Sumber Kemuning. (2) Untuk menggambarkan strategi
pemasaran usaha budidaya ikan koi dalam mengembangkan perekonomian
masyarakat muslim Desa Sumber Kemuning.
Penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode pendekatan kualitatif,
dengan jenis penelitian yaitu deskriptif, Lokasi penelitian di tempat usaha
budidaya ikan koi Desa Sumber Kemuning Kecamatan Tamanan Kabupaten
Bondowoso. Penentun subjek penelitian menggunakan purposive sampling,
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif pasif, wawancara
mendalam, dan teknik dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data
kualitatif yang dimana proses memilih, memilah dan mengorganisasikan data
yang terkumpul dari catatan lapangan, hasil observasi, wawancara mendalam dan
dokumentasi, Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data peneliti menggunakan
triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini adalah : (1) strategi pengembangan produk yang
diterapkan pada usaha budidaya ikan koi yaitu kualitas produk dimana dengan
strategi ini dapat meningkatkan juga pendapatan, dan juga pengembangan
varietas baru untuk menciptakan produk baru yang lebih menarik dan berkualitas.
(2) strategi pemasaran pada usaha budidaya ikan koi yaitu segmentasi pasar,
penetapan harga berdasarkan kualitas dan juga strategi promosi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhamad Lukman Hakim
Date Deposited: 10 Dec 2024 02:54
Last Modified: 10 Dec 2024 02:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37533

Actions (login required)

View Item View Item