Wahid, Muhammad Fikrul Mustanir (2024) STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUANTITAS PESERTA DIDIK BARU DI SEKOLAH DASAR SWASTA ISLAM ULUL ALBAB JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri KH Achmad siddiq jember.
Text (SK 100 MPI 2024)
Muhammad Fikrul Mustanir Wahid _202101030006.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Kata Kunci : Strategi Pemasaran Pendidikan, Peningkatan Kuantitas Peserta Didik.
Persaingan dalam dunia pendidikan sudah tidak dapat dihindari lagi. Munculnya banyak lembaga pendidikan baru serta turunnya angka kelahiran di Indonesia dalam tiga dekade terakhir menyebabkan banyak lembaga pendidikan yang ditinggalkan oleh pelanggannya. Begitupun di Kabupaten Jember, tidak meratanya kualitas pendidikan di Kabupaten Jember membuat beberapa sekolah sepi peminat. Melihat realitas yang demikian menunjukan bahwa lembaga pendidikan harus bersiap akan kompetisi dalam dunia pendidikan, strategi mendapatkan calon peserta didik sebanyak-banyaknya juga perlu di jalankan agar sekolah tetap bertahan. Oleh sebab itu memasarkan lembaga pendidikan sangat diperlukan agar terciptanya penigkatan kuantitas peserta didik tercapai.
Fokus penelitian yang diteliti adalah: (1) Bagaimana bentuk-bentuk strategi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan kuantitas peserta didik SDS Islam Ulul Albab Jember? (2) Bagaimana aspek-aspek determinan yang melatari pemilihan strategi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan kuantitas peserta didik SDS Islam Ulul Albab Jember? (3) Bagaimana evaluasi strategi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan kuantitas peserta didik di SDS Islam ULul Albab Jember?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Bentuk strategi pemasaran pendidikan. (2) Aspek determinan yang melatari pemilihan strategi pemasaran pendidikan. (3) evaluasi strategi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan kuantitas peserta didik SDS Islam Ulul Albab Jember.
Penelitian ini didesain dalam bentuk metode penelitian kualitatif studi kasus, dengan lokasi penelitian di SDS Islam Ulul Albab Jember, lalu teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman yang meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil dari penelitian ini meliputi: (1) Bentuk-bentuk pemasaran pendidikan SDS Islam Ulul Albab Jember yakni pemasaran aspek produk berupa program unggulan dan ekstrakulikuler, aspek harga berupa penetapan harga yang terjangkau, aspek tempat berupa pemilihan tempat yang strategis dan aspek promosi yakni konvensional serta digital. (2) Aspek determinan yang melatari pemilihan strategi pemasaran pendidikan antara lain kebutuhan orang tua, target pasar yang dituju, perbedaan dari sekolah lain dan efisiensi biaya pendidikan (3) Evaluasi strategi pemasaran pendidikan terhadap SDS Islam Ulul Albab yaitu kepuasan pelanggan pendidikan yang dalam hal ini adalah orang tua dan siswa, loyalitas pelanggan pendidikan, citra positif lembaga pendidikan dan peningkatan kuantitas peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Fikrul Fikrul |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 02:43 |
Last Modified: | 13 Dec 2024 08:24 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37572 |
Actions (login required)
View Item |