Wanda Nuraini, Fefriya (2024) Strategi pemasaran untuk mempertahankan anggota dalam menghadapi pesaing pada Koperasi Konsumen Wanita Sekar Kartini Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Fefriya Wanda Nuraini_211105010003.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Fefriya Wanda Nuraini, Prof. Dr. Chotib, S.Ag, M.M., CPE 2024: Strategi Pemasaran Untuk Mempertahankan Anggota Dalam Menghadapi Pesaing Pada Koperasi Konsumen Wanita Sekar Kartini Jember
Kata kunci: Strategi Pemasaran; Persaingan; dan Koperasi
Strategi pemasaran di lembaga keuangan memainkan peran penting didalam menentukan keberhasilan dan daya saing di pasar yang selalu berubah-ubah. Memahami kebutuhan dan harapan anggotanya menjadi penting untuk strategi pemasaran dan pengembangan produk yang efektif dalam sebuah koperasi. Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat di sektor keuangan, koperasi harus beradaptasi dan mengembangkan strategi inovatif untuk mempertahankan keunggulan kompetitif mereka di pasar.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1. Bagaimana strategi pemasaran dalam mempertahankan anggota di Koperasi Konsumen Wanita Sekar Kartini Jember?, 2. Bagaimana taktik persaingan dalam menghadapi pesaing antasesama koperasi di Koperasi Konsumen Wanita Sekar Kartini Jember?.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran yang digunakan oleh Koperasi Konsumen Wanita Sekar Kartini Jember dalam mempertahankan anggota mereka, serta untuk mengetahui bagaimana taktik yang mereka gunakan dalam menghadapi persaingan dari koperasi lainnya.
Penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan (observasi), wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data-data (observasi), pemilahan data-data (reduksi data), penyajian data, dan verifikasi (kesimpulan). Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Tahap-tahap penelitian yang digunakan meliputi tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data.
Hasil dari penelitian ini yaitu: Koperasi Konsumen Wanita Sekar Kartini Jember menerapkan strategi pemasaran yang menyeluruh untuk menjaga keanggotaan dengan mengintegrasikan elemen-elemen dari bauran pemasaran Marketing Mix 7P, yaitu place (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi), people (orang), process (proses), dan physical evidence (bukti fisik). Di sisi lain, koperasi menghadapi tantangan persaingan dengan menerapkan Sistem Kelompok Tanggung Renteng (SKTR) yang inovatif, yang mendorong solidaritas di antara anggota dan menciptakan transparansi dalam pengelolaan koperasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Ms Fefriya Wanda Nuraini |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 02:19 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 02:19 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37828 |
Actions (login required)
View Item |