Lusiani, Devi (2025) Pengaruh Media Sosial, Testimoni Pelanggan, dan Halal Awareness terhadap Loyalitas Konsumen Pada Pembelian Sabun Multibeauty. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.
![]() |
Text (SK 9 ES 2025)
DEVI LUSIANI_212105020065.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Devi Lusiani, 2025: Pengaruh Media Sosial, Testimoni Pelanggan, dan Halal Awareness Terhadap Peningkatan Loyalitas Konsumen pada Pembelian Sabun Multibeauty
Kata Kunci: Media Sosial, Testimoni Pelanggan, Halal Awareness, Loyalitas Konsumen.
Loyalitas konsumen adalah komitmen pelanggan untuk terus memilih dan menggunakan suatu produk secara berulang meskipun ada banyak pilihan lain di pasaran. Loyalitas ini terbentuk melalui kepuasan, kepercayaan, dan pengalaman positif terhadap produk. Konsumen yang loyal tidak hanya melakukan pembelian ulang tetapi juga cenderung merekomendasikan produk kepada orang lain. Dalam konteks pemasaran, loyalitas konsumen menjadi aspek penting yang dapat meningkatkan daya saing dan keberlanjutan suatu merek di industri.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: 1) Apakah media sosial berpengaruh signifkan terhadap peningkatan loyalitas konsumen pada pembelian sabun multibeauty? 2) Apakah testimoni pelanggan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan loyalitas konsumen pada pembelian sabun multibeauty? 3) Apakah halal awareness berpengaruh signifikan terhadap peningkatan loyalitas konsumen pada pembelian sabun multibeauty? 4) Apakah media sosial, testimoni pelanggan, dan halal awareness secara simultan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan loyalitas konsumen pada pembelian sabun multibeauty?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui apakah media sosial berpengaruh signifkan terhadap peningkatan loyalitas konsumen pada pembelian sabun multibeauty? 2) Untuk mengetahui apakah testimoni pelanggan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan loyalitas konsumen pada pembelian sabun multibeauty 3) Untuk mengetahui apakah halal awareness berpengaruh signifikan terhadap peningkatan loyalitas konsumen pada pembelian sabun multibeauty? 4) Untuk Mengetahui apakah media sosial, testimoni pelanggan, dan halal awareness secara simultan berpengaruh signifkan terhadap peningkatan loyalitas konsumen pada pembelian sabun multibeauty?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian yang digunakan yakni explanatory reseach, metode pengambilan sampel menggunakan purpose sampling dan menggunakan rumus Ferdinand yang kemudian didapat total sampel 112 responden, untuk metode pengumpulan data menggunakan kuisioner yang disebar menggunakan G form. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan SPSS 23 yang terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Media sosial berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen pada pembelian sabun Multibeauty. 2) Testimoni pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen pada pembelian sabun Multibeauty. 3) Halal awareness berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen pada pembelian sabun Multibeauty. 4) Media sosial, testimoni pelanggan, dan halal awareness berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas konsumen pada pembelian sabun Multibeauty.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Devi Lusiani |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 04:27 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 07:39 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40257 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |