IlD NURWAHDATUL ROSITA, 084 091 088 (2016) METODE PEMBELAJARAN DIROSATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN (TPQ) RAUDLATUL MUNA DESA KERTONEGORO KECAMATAN JENGGAWAH KABUPATEN JEMBERTAHUN PELAJARAN 2015/2016. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.
|
Text
COVER.pdf Download (727kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK 1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (652kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (849kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (561kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (676kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (519kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (212kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
lid Nurwahdatul Rosita, 2016: Metode Pembelajaran Dirosa ti Dalam
Meningkatkan Kemampuan Membaca Af-Qur 'an di Taman Pendidikan-Al Qur 'an
(TPQ) Raudlatul Muna Desa Kertoneegoro Kecamatan Jenggawah Kabupaten
Jember Tahun Pelajaran 201512016
Al-Qur'an merupakan anugerah yang diberikan kepada kita umat Islam
sebagai anugerah. Allah memberikan banyak kemudahan bagi yang mau
mernpelajarinya. Baik dari segi membaca, menghafal, tafsir, dan berbagai bidang
keilmuan lainnya. Al-Qur'an juga merupakan finnan Allah yang mengandung
petunjuk dan memberi bimbingan kepada umat manusia di dalam menempuh
perjalanan hidup, agar selamat didunia dan akhirat. Untuk itulah, tiada ilmu yang
lebih utama untuk dipelajari oleh seorang muslirn melebihi keutamaan
mempelajari Al-Qur'an. TPQ Raudlatul Muna adalah salah satu TPQ yang berada
di Desa Kertonegoro Kecarnatan Jenggawah Kabupaten Jember yang
menggunakan metode pembelajaran Dirosati, dengan menggunakan metode ini
TPQ Raudlatul Muna berkembang pesat sejak tahun 2005 sampai sekarang
dengan jumlah santri kurang lebih 150 santri.
Fokus Penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana
perencanaan metode pembelajaran Dirasati dalam rneningkatkan kemampuan
membaca Al-Qur'an di TPQ Raudlatul Muna Desa Kertonegoro Kecamatan
.Jenggawah Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016? 2) Bagaimana
pelaksanaan metode pernbelajaran Dirasati dalam meningkatkan kemampuan
mernbaca Al-Qur'an di TPQ Raudlatul Muna Desa Kertonegoro Kecamatan
Jenggawah Kabupaten ]ember tahun pelajaran 2015/2016? 3) Bagaimana evaluasi
metode pembelajaran Dirasati dalam meningkatkan kemampuan rnembaca Al-
Qur'an di TPQ Raudlatul Muna Desa Kertonegoro Kecamatan Jenggawah
Kabupaten Jernber tahun pelajaran 2015/2016?
Tujuan penelitian dalarn skripsi ini adalah: I) Untuk mendeskripsikan
perencanaan metode pernbelajaran Dirasati dalarn rneningkatkan kernampuan
membaca Al-Qur'an di TPQ Raudlatul Muna Desa Kertonegoro Kecarnatan
Jenggawah Kabupaten Jernber tahun pelajaran 2015/2016. 2) Untuk
mendeskripsikan pelaksanaan metode pembelajaran Dirasati dalam meningkatkan
kemampuan membaca Al-Qur'an di TPQ Raudlatul Muna Desa Kertonegoro
Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016. 3) Untuk
mendeskripsikan evaluasi metode pemb elajaran Dirasati dalam meningkatkan
kemampuan membaca Al-Qur'an di TPQ Raudlatul Muna Desa Kertonegoro
Kecamatan .Jenggawah Kabupaten .Jember tahun pelajaran 2015/2016.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan
kualitatif deskriptif, penentuan subyek penelitian dalam penelitian INI purposive sampling, dan untuk rnendapatkan data mengenai
penelitian ini peneliti rnenggunakan rnetode pengumpulan data berupa observasi,
interview dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif
dan untuk menguj i keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber.Penelitian 1111 mern peroleh kesirnpu Ian: 1) Perencanaan metode
pembelajaran Dirasati dalarn meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an,
adapun hal yang direncanakan dalam pembelajaran Al-Qur'an antara lain: materi,
metode dan media. Melalui metode ini dapat memberikan pengetahuan dan cepat
tanggap dalam mernbaca Al-Qur'an bagi santri. 2) Pelaksanaan metode
pembelajaran Dirasati clalarn meningkatkan kemampuan mernbaca Al-Qur'an,
dalam pelaksanaan pernbelajaran, ustadz-ustadzah rnelaksanakan proses
pembelajaran dengan berpedornan pada persiapan rnengajar yang telah dibuat.
Pernberian bahan pelajaran disesuaikan dengan urutan yang telah diprogramkan
secara sistematis dalam tahap persiapan. Dalam proses pernbelajaran meski
persiapan mengajar telah clipersiapkan sebagai langkah awal, namun guru tetap
rnemperhatikan prinsip-prinsip mengajar dan mencapai target yang ada pada
pedornan rnetode Dirosati. 3) Evaluasi metode pernbelajaran Dirasati dalam
meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran rnenggunakan evaluasi formatif,
sumatif clan diagnostik, Evaluasi formatif yaitu evaluasi yang dilakukan selama
pelajaran berlangsung dan bisa dengan cara informasi umpan balik dari guru atau
siswa. Evaluasi evaluasi surnatif yaitu evaluasi yang dilakukan pada akhir
pengajaran misalnya pada akhir semester atau kenaikan jilid. Evaluasi diagnostik
dilakukan kapan saja ketika pelajaran berlangsung baik diawal maupun di akhir
pelajaran.
Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined]) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | DIROSATI |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Masrur Rizqon |
Date Deposited: | 14 Sep 2017 03:20 |
Last Modified: | 14 Sep 2017 03:20 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/51 |
Actions (login required)
View Item |