KORELASI KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TANGGUL JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016

MOCH. ROSIDI AMRI, 084 111 290 (2016) KORELASI KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TANGGUL JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
2. AWAL.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Daftar Pustaka.pdf

Download (376kB) | Preview

Abstract

Moch Rosidi Amri, 2016: Korelasi Kecerdasan Spiritual Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas
Negeri 1 Tanggul Jember Tahun Pelajaran 2015/2016

Penelitian ini membahas tentang kecerdasan spiritual dan hubungannyadengan motivasi belajar yaitu motivasi belajar intrinsik dan motivasi belajarekstrinsik. Kajian ini dilatar belakangi karena dalam dunia psikologi muncul
istilah baru yaitu kecerdasan spiritual atau spiritual quotient yang sudah dimilikiseseorang sejak dilahirkan serta diyakini sebagai puncak kecerdasan yang
mengarahkan manusia menuju kesuksesan dalam menjalani kehidupan. Menurut Zhohar dan Marshal kecerdasan spiritual ini dapat dikaitkan dengan motivasi
seseorang. Dari hasil wawancara dengan salah satu guru PAI di SMA Negeri 1 Tanggul peneliti menemukan permasalahan dimana banyak siswa yang kurang
termotivasi dalam mengikuti proses belajar mengajar.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: (1) Adakah korelasi kecerdasan spiritual dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanggul Jember
tahun pelajaran 2015/2016 ?, Jika ada, seberapa kuat hubungannya ? (2) Adakah
korelasi kecerdasan spiritual dengan motivasi belajar intrinsik siswa pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam ? Jika ada, seberapa kuat hubungannya ? (3)
Adakah korelasi kecerdasan spiritual dengan motivasi belajar ekstrinsik siswa
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ? Jika ada, seberapa kuat
hubungannya ?
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang kecerdasan
spiritual dengan motivasi belajar siswa meliputi motivasi belajar intrinsik dan
motivasi belajar ekstrinsik siswa serta seberapa kuat hubungan keduanya.
Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif
kuantitatif dengan jenis penelitian field research, populasi dalam penelitian ini
siswa kelas X sampai kelas XI SMA Negeri 1 Tanggul Jember dengan jumlah 108
siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi,
dokumentasi dan angket serta kepustakaan. Variabel dalam penelitian ini terdiri
dari dua variabel yaitu variabel independent (X) tentang kecerdasan sppiritual dan
variabel dependent (Y) tentang motivasi. Variabel dependent terdiri dari dua
variabel yaitu motivasi intrinsik (Y1) dan motivasi ekstrinsik (Y2). Data yang
diperoleh dari angket, kemudian dianalisis dengan chi kuadrat dan uji korelasi
menggunakan contingency coefficient (C).
Hasil analisis data dengan taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa: (1)
Tidak ada hubungan antara kecerdasan spiritual (X) dengan motivasi belajar (Y),
dengan nilai chi kuadrat 6,41661. (2) Ada hubungan yang rendah antara
kecerdasan spiritual (X) dengan motivasi intrinsik (Y1), dengan nilai chi kuadrat
11,29034 kemudian dianalisa dengan rumus C dengan hasil 0,37 C
yang
bergerak antara 0,2 C
maks
< C < 0,4 C
. (3) Tidak ada hubungan antara
kecerdasan spiritual (X) dengan motivasi belajar ekstrinsik (Y2), dengan nilai chi
kuadrat 5,5178

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined])
Uncontrolled Keywords: KECERDASAN SPIRITUAL
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Masrur Rizqon
Date Deposited: 19 Sep 2017 02:09
Last Modified: 19 Sep 2017 02:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/68

Actions (login required)

View Item View Item