IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTS AL-ISHLAH JENGGAWAH TAHUN PELAJARAN 2015/2016

MUHAMMAD ANIS ROHMAN, 084091124 (2016) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTS AL-ISHLAH JENGGAWAH TAHUN PELAJARAN 2015/2016. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
1 Cover.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 DAFTAR ISI.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 BAB-I.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 BAB-II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 BAB-III.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 BAB-IV.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 BAB-V.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11 Daftar Pustaka.pdf

Download (571kB) | Preview

Abstract

Muhammad Anis Rohman, 2016: Implementasi Metode Pembelajaran Fiqih
Kelas VII di MTs Al-Ishlah Jenggawah Tahun Pelajaran 2015/2016

MTs Al-Ishlah Jenggawah Jember merupakan yayasan pesantren yang
berupaya untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Madrasah ini termasuk salah
satu madrasah unggulan di kecamatan tersebut, proses pembelajaran yang
sistematis dengan wajib mukim untuk seluruh santri dan santriwati menjadikan
masyarakat tertarik untuk menyekolahkan putra putrinya di madrasah tersebut.
Semakin berkembang kualitas dan kuantitas madrasah Al Ishlah, maka tuntutan
besar bagi madrasah tersebut untuk terus meningkatkan seluruh sarana dan
prasarana, tidak hanya fasilitas sekolah berbentuk bangunan yang menjadi
investasi madrasah, namun peningkatan metode pembelajaran juga menjadi
perhatian penting untuk terus dikembangkan sebab dengan metode pembelajaran
yang baik, akan mampu menghasilkan peserta didik yang unggul.
Fokus penelitian dalam skipsi ini adalah (1) Bagaimana Implementasi
Metode Pembalajaran Thaharah Kelas VII di MTs Al-Ishlah Jenggawah Tahun
Pelajaran 2015/2016? (2) Bagaimana Implementasi Metode Pembalajaran Sholat
Fardu Kelas VII di MTs Al-Ishlah Jenggawah Tahun Pelajaran 2015/2016?
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan Implementasi Metode
Pembalajaran Thaharah Kelas VII di MTs Al-Ishlah Jenggawah Tahun Pelajaran
2015/2016 (2) Mendeskripsikan Implementasi Metode Pembalajaran Sholat Fardu
Kelas VII di MTs Al-Ishlah Jenggawah Tahun Pelajaran 2015/2016.
Agar memperoleh data yang akurat yang berkenaan dengan fokus
penelitian diatas, maka dilakukan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian studi kasus. Lokasi penelitian adalah Mts Al-Islah Jenggawah. Subyek
penelitian menerapkan purposive sampling dalam menetapkan informan. Teknik
pengumpulan data melaui interview, dokumentasi dan observasi. Analisa data
dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.
Tahap-tahap penelitian meliputi: tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan,
tahap analisa data dan tahap pengerjaan penulisan laporan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Implementasi metode pembelajaran
Thaharah Kelas VII di MTs Al-Ishlah Jenggawah Jember ialah menggunakan
beberapa metode yaitu metode ceramah, metode tanya jawab, metode eksperimen
dan metode drill (latihan). Adapun implementasi metode pembelajaran Shalat
Fardhu di MTs Al-Ishlah Jenggawah dengan menggunakan metode ceramah dan
metode drill (latihan). Dalam hal ini tenaga pendidik (guru) benar-benar serius
bagaimana peserta didiknya bisa menguasi betul terhadap materi tersebut, karena
mereka dituntut untuk bisa mengerjakan thaharah, shalat fardu dan sebagainya

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined])
Uncontrolled Keywords: FIQIH, pendidikan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Masrur Rizqon
Date Deposited: 19 Sep 2017 02:27
Last Modified: 19 Sep 2017 02:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/71

Actions (login required)

View Item View Item