STRATEGI WORD OF MOUTH (WOM) BERBASIS DIGITAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK KECANTIKAN OLEH MINGMING STORE BANYUWANGI

Sunarto, Ikrima Matswa (2022) STRATEGI WORD OF MOUTH (WOM) BERBASIS DIGITAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK KECANTIKAN OLEH MINGMING STORE BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Ikrima Matswa Sunarto_E20182127.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7947

Abstract

Ikrima Matswa Sunarto, M.F. Hidayatullah, S.H.I., M.S.I., 2022: Strategi Word Of Mouth (WOM) Berbasis Digital Sebagai Media Promosi Produk Kecantikan oleh Mingming Store Banyuwangi.
Mingming Store Banyuwangi merupakan toko produk kecantikan di Banyuwangi, dimana dalam proses memasarkan dan mengenalkan produknya kepada konsumen, Mingming store menerapkan WOM berbasis digital sebagai media promosinya.
Fokus masalah dari skripsi ini ialah: 1)Bagaimana strategi word of mouth berbasis digital pada promosi penjualan produk kecantikan oleh Mminingg Store Banyuwangi? 2)Apa saja kendala dari strategi word of mouth berbasis digital pada promosi penjualan produk kecantikan oleh Mingming Store Banyuwangi? 3)bagaimana solusi atas kendala dari strategi word of mouth berbasis digital pada promosi penjualan produk kecantikan oleh Mingming Store Banyuwangi?
Tujuan dari penelitian yang dilakukan yaitu: 1) Memberikan gambaran dan pemahaman mengenai strategi word of mouth berbasis digital pada promosi penjualan produk kecantikan oleh Mingming Store Banyuwangi, 2) Mendeskripsikan mengenai kendala dari strategi word of mouth berbasis digital pada promosi penjualan produk kecantikan oleh Mingming Store Banyuwangi, 3) untuk mengetahui sekaligus memberitahukan mengenai solusi atas kendala dari strategi word of mouth berbasis digital pada promosi penjualan produk kecantikan oleh Mingming Store Banyuwangi.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ialah jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan dengan menggunakan 3 teknik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Dari penelitian yang dilakukan, memperoleh kesimpulan, yaitu 1)Strategi WOM berbasis digital Mingming store, yaitu memanfaatkan media sosial, memberikan kemudahan dalam berbelanja, dan memanfaatkan respon dari konsumen; 2)Kendala penerapan strategi dari WOM, yaitu respon negatif dan terdapat produk yang kurang diminati konsumen; 3)Solusi atas kendala pemanfaatan WOM berbasis digital, yaitu mengatasi respon negatif dengan cara menginformasikan kembali dan membuat grup terkait PO produk, menetapkan batas masuk pesanan pada pukul 14.00 WIB, garansi barang diganti apabila produk tidak utuh, memperbaiki packing, dan meningkatkan pelayanan. Sedangkan produk yang kurang dijual dengan harga murah, dijadikan sebagai gift atau bonus, dan menerapkan sistem dropship bagi reseller.
Kata Kunci: Strategi, Word Of Mouth (WOM) digital, dan Media promosi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ikrima10 Ikrima Matswa Sunarto Ikrima
Date Deposited: 27 Jun 2022 07:05
Last Modified: 27 Jun 2022 07:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7950

Actions (login required)

View Item View Item