Laeli, Siti Hasanatul (2022) Efektivitas Pemanfaatan Laboratorium IPA Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMP Negeri 2 Maesan. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
SITI HASANATUL LAELI_T201510022.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Siti Hasanatul Laeli, 2022: Efektivitas Pemanfaatan Laboratorium IPA Dalam
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMP Negeri 2 Maesan”
Laboratorium menjadi salah satu sarana pendukung kelancaran dalam proses
kegiatan pembelajaran. dengan adanya laboratorium peseta didik dapat mengembangkan
kemampuannya berteknologi melalui peralatan praktikum yang ada di dalamnya. Siswa
lebih mudah dalam mencari sumber-sumber belajar yang mereka inginkan. Keberadaan
laboratorium di sekolah sangatlah penting untuk mendukung kegiatan pembelajaran dan
juga sebagai untuk mencapai 3 ranah tujuan pembelajaran yaitu kognitif, efektif dan
psikomotorik.1
Peneliti tidak lagi menggunakan sekolah tempat magang di karenakan ingin
mengetahui kondisi laboratorium di tempat lain mungkinkah memiliki kesamaan atau
sebaliknya, mka dari itu peneliti memilih lokasi yang cukup jauh dari sekolah tempat
magang yaitu SMP Negeri 2 Maesan.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan yang dapat di ambil dalam
penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah efektifitas pemanfaatan laboratorium IPA dalam
pembelajaran ilmu pengetahuan alam di SMP Negeri 2 Maesan? (2)Faktor apa sajakah
yang menyebabkan efektif dan tidak efektifnya pemanfaatan laboatorium IPA dalam
pembelajaran ilmu pengetahuan alam di SMP Negeri 2 Maesan?.
penelitian ini memiliki tujuan sebagai berikut (1)Untuk Mengetahui efektifitas
pemanfaatan laboatorium IPA dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam di SMP
Negeri 2 Maesan.(2)Untuk Mengetahui faktor yang menyebabkan efektif dan tidak
efektifnya pemanfaatan laboatorium IPA dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam di
SMP Negeri 2 Maesan.
Penelitian ini mengguakan design penelitian deskriftif kualitatif. Metode
penelitian ini berlandaskan pada filsafat prostposivisme, digunakan untuk meneliti pada
kondisi obyek yang alamiah, (sebagi lawan nya adalah eskperimen) dimana penelitian ini
adalah sebagai instrument kunci2
. penelitian ini di lakukan di SMP NEGERI 2
MAESAN, metode pengambilan data dengan wawancara,observasi,documentasi,
Dari hasil observasi laboratorium dapat diketahui bahwa frekuensi frekuensi
penggunaan laboratorium IPA di SMP N 2 Maesan cukup memadaia karena laboratorium
di gunakan 1 kali setiap minggunya sedangkan rasio penggunan laboratorium yang efektif
adalah 4 kali dalam setiap semester. Penggunaan laboratorium di sesuaikan dengan
jadwal materi yang di ajarkan guru IPA pada peserta didik dengan alat bahan yang ada di
dalam laboratorium. Jika alat bahan tidak ada dalam laboratorium maka siswa bisa
membawa alat bahan alat da bahan yang di butuhkan dalam laboratorium dari rumah
masing-masing apabila itu memungkinkan.3
Kata Kunci: Labotorium,pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 03 CHEMICAL SCIENCES > 0303 Macromolecular and Materials Chemistry > 030307 Theory and Design of Materials |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Mrs Siti Hasanatul Laeli |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 03:58 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 03:58 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10263 |
Actions (login required)
View Item |