HIDAYAT, RIZA NUR (2021) Internalisasi Ajaran Islam dalam Membentuk Karakter Profetik Pada Siswa di SMK 17 Agustus 1945 Cluring Banyuwangi. Masters thesis, IAIN Jember.
Text
RIZA NUR HIDAYAT_0849318060.pdf - Submitted Version Download (5MB) |
Abstract
Tujuan pendidikan Islam adalah membentuk akhlak atau perilaku yang baik dan mulia sesuai dengan misi nabi diutus oleh Allah kepada manusia. Namun dalam kenyataannya tujuan pendidikan tersebut belum seutuhnya terwujud. Dalam proses pembelajaran, lembaga pendidikan hanya memperhatikan aspek keilmuan (kognitif) saja, sedang sikap (afektif) dan ketrampilan (psikomotorik) belum benar-benar diperhatikan, akibatnya akhlak dan moral siswa belum secara maksimal terbentuk dengan baik. Masih banyak berbagai penyimpangan moral yang terjadi di kalangan pelajar Indonesia. Tawuran pelajar, perkelahian antar genk, perilaku seks bebas, gaya hidup tidak beraturan menjadi beberapa contoh kelunturan moral di kalangan generasi muda kita. Fokus penelitian yaitu: 1. Bagaimana tahap transformasi Ajaran Islam dalam Membentuk Karakter Profetik Pada Siswa di SMK 17 Agustus 1945 Cluring Banyuwangi?. 2. Bagaimana tahap transaksi Ajaran Islam dalam Membentuk Karakter Profetik Pada Siswa di SMK 17 Agustus 1945 Cluring Banyuwangi?. 3. Bagaimana tahap transinternalisasi Ajaran Islam dalam Membentuk Karakter Profetik Pada Siswa di SMK 17 Agustus 1945 Cluring Banyuwangi?. Penelitian ini bertujuan: 1. Mendeskripsikan tahap transformasi Ajaran Islam dalam Membentuk Karakter Profetik Pada Siswa di SMK 17 Agustus 1945 Cluring Banyuwangi. 2. Mendeskripsikan tahap transaksi Ajaran Islam dalam Membentuk Karakter Profetik Pada Siswa di SMK 17 Agustus 1945 Cluring Banyuwangi. 3. Mendeskripsikan tahap transinternalisasi Ajaran Islam dalam Membentuk Karakter Profetik Pada Siswa di SMK 17 Agustus 1945 Cluring Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitian dilakukan secara Purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi non partisipatif, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas; triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1. Tahap transformasi Ajaran Islam dalam Membentuk Karakter Profetik Pada Siswa di SMK 17 Agustus 1945 Cluring Banyuwangi dilakukan secara daring dimana hanya guru yang berperan aktif. 2. Tahap transaksi Ajaran Islam dalam Membentuk Karakter Profetik Pada Siswa di SMK 17 Agustus 1945 Cluring Banyuwangi dilakukan secara daring dimana guru dan siswa sama-sama berperan aktif. 3. Tahap transinternalisasi Ajaran Islam dalam Membentuk Karakter Profetik Pada Siswa di SMK 17 Agustus 1945 Cluring Banyuwangi dilakukan secara daring dimana siswa mampu menerapkan materi yang berkaitan karakter profetik dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 17 Nov 2022 07:34 |
Last Modified: | 17 Nov 2022 07:34 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15102 |
Actions (login required)
View Item |