MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM STUDI KOMPARASI ANTARA SEKOLAH MENENGAN PERTAMA NEGERI 01 DENGAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 03 SUMBERMALANG-SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SUDARYANTI, 084 123 079 (2016) MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM STUDI KOMPARASI ANTARA SEKOLAH MENENGAN PERTAMA NEGERI 01 DENGAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 03 SUMBERMALANG-SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
1 COVER print.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 ABSTRAK.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 DAFTAR ISI print.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (698kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 BAB II.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11 BAB III.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 BAB IV.pdf

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 BAB V.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (421kB) | Preview

Abstract

Sudaryanti, 2016 : Manajemen Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Studi
Komparasi antara Sekolah Menengah Pertama Negeri 01
dan Sekolah Menengah Pertama Negri 03 SumbermalangSitubondo
Tahun Pelajaran 2015/2016.

Pendidikan Agama Islam merupakan kebutuhan dari setiap muslim
sehingga Pendidikan Agama Islam (PAI) wajib diajarkan di semua jenjang
pendidikan baik di lembaga madrasah maupun sekolah. Di lingkungan sekolah
yang tidak bercirikan Islam juga diajarkan materi PAI meski hanya sekali dalam
seminggu, namun hal ini harus dapat dimaksimalkan. Meski bukan hal yang
mudah namun bukan berarti tidak mungkin jika hal ini didukung oleh manajemen
kurikulum yang baik dan benar, serta pelaksanaannya yang juga konsisten, akan
lebih menghasilkan outpun pendidikanyang baik bila didukung oleh suasana
lembaga yang kondusif dan sesuai dengan tumbuhnya jiwa agamis dalam diri
peserta didik.
Untuk memudahkan proses penelitian ini, maka peneliti membuat
beberapa fokus penelitian yang diantaranya :(1) Bagaimakah manajemen
kurikulum PAI di SMPN 01 Sumbermalang-Situbondo tahun pelajaran 2015/2016
? (2) Bagaimana menajemen kurikulum PAI di SMPN 03 SumbermalangSitubondo

tahun pelajaran 2015/2016 ? (3) Bagaimanakan persamaan dan
perbedaan manajemen kurikulum pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 01
dengan SMPN 03 Sumbermalang-Situbondo tahun pelajaran 2015/2016 ? Tujuan
penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum PAI di SMPN 1
dan mendeskripsikan manajemen kurikulum PAI di SMPN 3 Sumbermalang.
Serta untuk mendeskripsikan persamaan serta perbedaan manajemen kurikulum
PAI antara SMPN 1 dengan SMPN 3 Sumbermalang-Situbondo tahun pelajran
2015/2016.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian
kualitatif deskriptif dengan studi kasus. Dalam pengumpulan data peneliti
menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis
yang digunakan adalan analisis deskribtif. Adapun untuk validasi data
menggunakan triangulasi data.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini SMPN 1 Sumbermalang telah
melaksanakan proses dan fungsi manajemen kurikulum PAI sesuai dengan
program yang telah direncanakan. Dan SMPN 3 Sumbermalang juga
melaksanakan fungsi manajemen kurikulum PAI meski pelaksanaan dari setiap
program masih sering kondisional. Persamaan manajemen kurikulum PAI dari
kedua lembaga tersebut terletak pada perencanaannya sedangkan perbedaannya
terletak pada pelaksanaan program.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined])
Uncontrolled Keywords: MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, KOMPARASI
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Masrur Rizqon
Date Deposited: 25 Oct 2017 02:32
Last Modified: 25 Oct 2017 02:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/153

Actions (login required)

View Item View Item