ISTIQOMAH, 084111200 (2016) METODE PEMBELAJARAN GURU DALAM PENGEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI DI RAUDLATUL ATHFAL AL MUSLIMUN JOMERTO PATRANG JEMBER. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.
|
Text
1. BAGIAN AWAL OK00.pdf Download (554kB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB I.pdf Download (629kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB II.pdf Download (870kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB III.pdf Download (574kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB IV.pdf Download (601kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB V.pdf Download (437kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (577kB) | Preview |
Abstract
Istiqomah, 2016: Metode Pembelajaran Guru dalam Pengembangan Bahasa
Anak di Raudhatul Atfal Al Muslimun Jomerto Patrang Jember.
Paud adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak
lahir sampai usia enam tahun. Hal ini dilakukan melalui pemberian rangsangan
pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani
agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut di SD. Paud
salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitik beratkan pada
peletakan kea rah pertumbuhan dan perkembangan fisik dan kecerdasan daya
piker, daya cipta, emosional, spiritual, berbahasa/komusikasi, social.
Penelitian pada skripsi ini adalah 1). Bagaimana metode pembelajaran
bermain guru dalam pengembangan bahasa anak di Raudlatul Atfhal Al Muslimun
Jomerto Patrang Jember? 2). Bagaimana metode pembelajaran bernyanyi guru
dalam pengembangan bahasa anak di Raudlatul Atfhal Al Muslimun Jomerto
Patrang Jember? 3). Bagaimana metode pembelajaran bercerita guru dalam
pengembangan bahasa anak di Raudlatul Atfhal Al Muslimun Jomerto Patrang
Jember?.
Tujuan penelitian pada skripsi ini adalah 1). Untuk mendiskripsikan
metode pembelajaran bermain guru dalam pengembangan bahasa anak usia dini di
Raudlatul Atfhal Al Muslimun Jomerto Patrang Jember. 2). Untuk
mendiskripsikan metode pembelajaran bernyanyi guru dalam pengembangan
bahasa anak usia dini di Raudlatul Atfhal Al Muslimun Jomerto Patrang Jember.
3). Untuk mendiskripsikan metode pembelajaran bercerita guru dalam
pengembangan bahasa anak usia dini di Raudlatul Atfhal Al Muslimun Jomerto
Patrang Jember.
Pendekatan penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam penentuan informan
menggunakan purposive samping. Analisis data model interaktif Miles dan
Huberman yang terbagi menjai tiga alur menguji keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber dan teknik.
Dari data yang diperoleh dan di analisis cara sederhana di simpulkan yaitu:
1). Metode pembelajaran bermain guru dalam pengembangan bahasa anak usia
dini adalah Dengan metode bermain dalam pengembangan bahasa bisa
mengenalkan anak simbol, mengerti dua perintah yang diberikan bersamaan, bisa
membedakan bunyi, bisa menyebutkan kata-kata yang dikenal. 2). Metode
pembelajaran bernyanyi guru dalam pengembangan bahasa anak usia dini
bernyanyi adalah kegiatan menyenangkan yang memberi kepuasan kepada anak-
anak, kegiatan bernyanyi yang sesuai akan menambah secara berangsur
pemberdaharaan kata anak dan melenturkan anak dalam mengucapkan kata–kata
3). Metode pembelajaran bercerita guru dalam pengembangan bahasa anak usia
dini metode bercerita mempunyai beberapa bentuk dalam penyajiannya agar anak
tidak bosan dalam mendengarkan cerita dalam pengembangan bahasa anak sudah
mampu mengembangkan karena bercerita mampu berkomunikasi dan memahami
cerita yang dibaca
Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined]) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | METODE PEMBELAJARAN |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Masrur Rizqon |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 02:00 |
Last Modified: | 30 Oct 2017 02:00 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/170 |
Actions (login required)
View Item |