PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NURIS JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016

MALIK SUBARKAH, 084111091 (2016) PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NURIS JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
AWAL.pdf

Download (990kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (382kB) | Preview

Abstract

Malik Subarkah, 2015 : “Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Sekolah
Menengah Kejuruan Nuris Jember Tahun Pelajaran 2015/2016”.
Peran guru dalam membentuk karakter siswa sebagai Ujung tombak
pelaksanaan pendidikan. Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama
mendidik, mengajar, dan melatih peserta didik. Dengan demikian guru memiliki
peran dalam pendidikan untuk pembentukan karakter para siswa dalam
pembelajaran di sekolah. Dalam konteks pencapaian tujuan pendidikan karakter,
guru menjadi ujung tombak keberhasilan tersebut. Guru, sebagai sosok yang
digugu dan ditiru, mempunyai peran penting dalam penerapan pendidikan
karakter di sekolah maupun di luar sekolah. Sebagai seorang pendidik, guru
menjadi sosok figur dalam pandangan anak, guru akan menjadi patokan bagi sikap
anak didik. Dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional diamanatkan
bahwa seorang guru harus memiliki kompetensi kepribadian yang baik.
Pendidikan karakter merupakan salah satu pendidikan yang seharusnya juga
diterapkan dan dilaksanakan pada setiap peserta didik. Dengan melaksanakan
pendidikan karakter dapat meningkatkan akhlak mulia kepada peserta didik,
karena dari akhlak yang mulia dapat membina hubungan baik dengan orang-orang
disekitarnya, sikap yang memunculkan karakter berbudi luhur mampu
memberikan dan menyalurkan pendidikan dengan baik.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana
peran guru dalam membentuk karakter siswa di SMK Nuris Jember tahun
pelajaran 2015/2016 dalam hubungannya dengan ke Tuhanan yang Maha Esa? 2)
Bagaimana peran guru dalam membentuk karakter siswa di SMK Nuris Jember
tahun pelajaran 2015/2016 dalam hubungannya dengan diri sendiri?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan peran guru dalam
membentuk karakter siswa dalam hubungannya dengan ke Tuhanan yang Maha Esa
2) Mendeskripsikan peran guru dalam membentuk karakter siswa dalam
hubungannya dengan diri sendiri.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif.
Adapun teknik
penentuan informan dengan menggunakan purposive sampling, dan pengumpulan
data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengecek dan
membandingkan balik derajat informasi penelitian ini menggunakan trianggulasi
sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) peran guru dalam membentuk
karakter siswa dalam hubungannya dengan ke Tuhanan yang Maha Esa sudah
terlaksana sesuai rencana pelaksanaan pembelajaran bukti adanya siswa yang
sudah berkarakter baik. 2) Peran guru dalam membentuk karakter siswa dalam
hubungannya dengan diri sendri sudah sangat menjalankan tugas dari pembuatan
rencana pemnbelajaran dan mengarahkan siswa agar sesuai dengan rencana yang
telah dibuat.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined])
Uncontrolled Keywords: KARAKTER SISWA
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Masrur Rizqon
Date Deposited: 30 Oct 2017 02:18
Last Modified: 30 Oct 2017 02:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/174

Actions (login required)

View Item View Item