Pengaruh Fluktuasi Harga Emas dan Biaya Promosi Pada Produk Gadai Emas Terhadap Profitabilitas Return On Asset (ROA) Pada Bank Syariah Mandiri Tahun 2017-2019

Amalia, Liyun Fiqoini (2020) Pengaruh Fluktuasi Harga Emas dan Biaya Promosi Pada Produk Gadai Emas Terhadap Profitabilitas Return On Asset (ROA) Pada Bank Syariah Mandiri Tahun 2017-2019. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Liyun Fiqoini Amalia_E20161037.pdf

Download (18MB)

Abstract

Produk gadai emas syariah menjadi salah satu produk yang diutamakan pada Bank Syariah Mandiri, produk ini berpengaruh terhadap peningkatan profitabilitas Bank Syariah Mandiri. Peningkatan profitabilitas Bank Syariah Mandiri yang disumbangkan oleh produk gadai emas syariah sangat bergantung kepada fluktuasi harga emas, harga emas menjadi faktor utama dalam penaksiran barang gadai untuk mendapatkan pembiayaan. Dalam mengenalkan sebuah produk gadai emas, Bank Syariah Mandiri melakukan kegiatan promosi. Pada umumnya apabila biaya bertambah untuk kegiatan pemasaran maka jumlah penjualan meningkat, dengan adanya peningkatan penjualan sehingga profitabilitas bank juga akan mengalami peningkatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Apakah fluktuasi harga emas pada produk gadai emas berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas ROA pada Bank Syariah Mandiri tahun 2017-2019? (2) Apakah biaya promosi berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas ROA pada Bank Syariah Mandiri tahun 2017-2019? (3) Apakah fluktuasi harga emas dan biaya promosi pada produk gadai emas berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas ROA pada Bank Syariah Mandiri tahun 2017- 2019?. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif, dengan jenis penelitian Asosiatif. Model analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Berganda dengan menggunakan software SPSS. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data sekunder berupa Laporan Keuangan Bank Syariah Mandiri. Penelitian ini menggunakan data deret waktu (Time Series), yaitu data Laporan Keuangan Bank Syariah Mandiri mulai tahun 2017-2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel Fluktuasi Harga Emas berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas Return On Asset (ROA). Variabel Fluktuasi Harga Emas dengan nilai signifikasi 0,015 < 0,05 dan nilai thitung sebesar 2,577 > ttabel 2,035. Dan secara parsial variabel Biaya Promosi berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas ROA dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 dan nilai thitungsebesar 4,863 > ttabel2,035. Sedangkan secara simultan variabel Fluktuasi Harga Emas dan Biaya Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas Return On Asset (ROA) dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung sebesar 30,364 > Ftabel 3,285. Kata Kunci : Fluktuasi Harga Emas, Biaya Promosi, Profitabilitas Return On Asset (ROA).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 14 Apr 2021 02:06
Last Modified: 14 Apr 2021 02:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1813

Actions (login required)

View Item View Item