Abiyu, Alifan (2021) Pengaruh iMetode iMnemonik idan iMotivasi iTerhadap iHasil iBelajariPendidikan iAgama iIslamidan iBudi iPekerti iKelasiVIIIidi iSMPiNegeri i4 iJember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
AlifaniAbiyu_0849318011.pdf Download (8MB) |
Abstract
Alifan iAbiyu. i2020. iPengaruh iMetode iMnemonik idan iMotivasi iTerhadap iHasil iBelajariPendidikan iAgama iIslamidan iBudi iPekerti iKelasiVIIIidi iSMPiNegeri i4 iJember. iTesis. iProgram iStudi iPendidikan iAgama iIslam. iPascasarjana iInstitut iAgama iIslam iNegeri iJember. iPembimbing iI: iDr. iH. iMoh. iSahlan, iM.AgiPembimbing. iII:iDr. iHj. iSt. iMislikhah, iM.Ag KataiKuncii:iMetodeiMnemonik, iMotivasi, iHasiliBelajar. Proses ipembelajaran imerupakan isuatu iproses iyang imengandung iserangkaian ipelaksanaan ioleh iguru idan isiswa iatas idasar ihubungan itimbal-balik iyang iberlangsung idalam isituasi iedukatif iuntuk imencapai itujuan itertentu. iHal iini idipengaruhi ioleh iberbagai imacam isistem idalam ipembelajaran. iPenerapan isistem ibelajar iyang ikurang itepat imembuat ipeserta ididik isulit iuntuk imemahami imateri. iAkibatnya iadalah imateri itidak idapat idiingat idalam ijangka iwaktu iyang ilama. iTeknik iMnemonik iadalah isalah isatu icara iyang idapat iditerapkan idalam imempelajari imateri iyang imembutuhkan ibanyak ihafalan. iTeknik imnemonik imemanipulasi iprosesibelajar idengan imudah idengan imenggunakan iprinsip-prinsip ipenyendiaan imemoriijangka ipanjang isehingga idapat imempermudah ipenyimpanan iinformasiibelajarikedalamimemoriijangka ipanjang. i iPenelitian iiniibertujuan iuntukimengujiisecara iempirisivariabel-variabelidalam ipenelitian iyang itelah idirumuskan idalam irumusan imasalah, i iapakah iterdapat iperbedaan iantara ihasil ibelajar isiswa iyang imenggunakan imetode imnemonik idengan ihasil ibelajar isiswa idengan ipembelajaran ikonvensional.Metode ipenelitian iiniimenggunakaniQuashiiExperimentaliDesigniatauieksperimenikuasi, iyaituidesain ieksperimen isemu iyang imemiliki ikelompok ikontrol inamun itidak idapat iberfungsi isepenuhnya idalam imengontrol ivariabel-variabel iluar iyang imempengaruhi ipelaksanaan ieksperimen ipeneliti imenggunakan idesain ieksperimen ikuasi inonequivalent igroup ipretest iposttest idesign. iPada idesain iini, iterdapat idua ikelompok iyang iterdiri idari ikelompok ikontrolidan ikelompok ieksperimen, imasingmasing ikelompok itersebut idiberikan ipretest idan iposttest idalam ipelaksanaan ipembelajaran. iAnalisisiyang idilakukanimenggunakaniAnalisisiujiibeda i(ujiit-test). iUji ihipotesis idilakukan idengan ibantuan isoftware iStatistical iPackage ifor ithe iSciencesi(SPSS)iversii22. i Hasil iAnalisis imenunjukkan ibahwa ipengaruh ipembelajaran imnemonik idan imotivasi ibelajar iterhadap ihasilibelajar iadalah isignifikan. iRata-rata ihasil ibelajar isiswa ikelas ieksperimen i20,9 idan ikelas ikontrol i13,0. iHasil iperhitungan imenunjukkan iterdapat iperbedaan ihasil ibelajar isiswa ikelas ieksperimen idan ikelas ikontrol. iRata-rata ihasil ibelajar isiswa ikelas ieksperimen idengan imotivasi ibelajar isangat itinggi iadalah i118,9 idan imotivasi ibelajar itinggi iadalah i106,9. iRata-rata ihasil ibelajar isiswa ikelas ikontrolidenganimotivasiibelajarisedang iadalahi84,3 idanimotivasiibelajaritinggiiadalah i105,3. iHasil iperhitungan imenunjukkan iterdapat iperbedaan ihasilibelajar isiswa idengan imotivasi ibelajar itinggi idan isedang isecara isignifikan. iHasil iuji iF irata-rata ikedua ikelompok imenunjukkan iterdapat iperbedaan ihasil ibelajar isiswa idengan imotivasi iberprestasiitinggiidanisedang ipadaikelasieksperimenidanikelasikontrol.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diah Magang |
Date Deposited: | 27 Jan 2023 02:02 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 02:02 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18145 |
Actions (login required)
View Item |