Pembinaan Kesiswaan dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik di SMA Al Miftah Kaliglagah Sumberbaru Jember

Qodarsa, Barlian (2021) Pembinaan Kesiswaan dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik di SMA Al Miftah Kaliglagah Sumberbaru Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Barlian Qodarsa_084 911 7009.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Pembinaan Kesiswaan, Kedisiplinan Siswa Pembinaan kesiswaan mencakup aspek yang lebih luas yang secara operasional dapat membantu upaya pertumbuhan dan perkembangan peserta didik melalui pendidikan di sekolah. Pembinaan kesiswaan bertujuan untuk menata berbagai kegiatan dalam bidang kesiswaan agar kegiatan dalam bidang kesiswaan dan kegiatan pembelajaran di sekolah dapat berjalan lancar, tertib dan teratur, serta mencapai tujuan pendidikan sekolah. Fokus penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana pembinaan kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan waktu siswa di SMA Al Miftah Kaliglagah Sumberbaru Jember?, (2) Bagaimana pembinaan kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan menegakkan dan mentaati peraturan?, (3) Bagaimana pembinaan kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan bersikap siswa dan (4) Bagaimana pembinaan kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan beribadah siswa di SMA Al Miftah Kaliglagah Sumberbaru Jember? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan pembinaan kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan waktu siswa di SMA Al Miftah Kaliglagah Sumberbaru Jember, (2) Untuk mendeskripsikan pembinaan kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dalam menegakkan dan mentaati peraturan, (3) Untuk mendeskripsikan pembinaan kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan bersikap siswa dan (4) Untuk mendeskripsikan pembinaan kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan beribadah siswa di SMA Al Miftah Kaliglagah Sumberbaru Jember Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi nonpartisipan, interview, dan dokumenter. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Milles Hubberman dan Saldana melalui tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembinaan kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan waktu siswa yaitu: a) masuk kelas tepat waktu, b) rajin masuk sekolah, c) datang tidak terlambat, d) pulang pada waktunya, (2) Pembinaan kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan menegakkan dan mentaati peraturan terbukti dengan ketaatan siswa dalam menegakkan dan mentaati peraturan sekolah, menggunakan seragam sekolah yang ditetapkan oleh pihak sekolah dan siswa selalu mengerjakan tugas-tugas sekolah, (3) Keberhasilan pembinaan kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan bersikap siswa ditandai dengan peningkatan sikap siswa dalam mengikuti dan menaati peraturan yang berlaku di sekolah, (4) Pembinaan kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan beribadah siswa di SMA Al Miftah Kaliglagah Sumberbaru Jember dilakukan melalui tuntunan yang diberikan berdasarkan nilainilai keIslaman ditujukan untuk membina kepribadian agar menjadi muslim yang taat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160799 Social Work not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Jan 2023 06:05
Last Modified: 27 Jan 2023 06:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18186

Actions (login required)

View Item View Item