Metode Penetapan Harga oleh Pedagang Buah di Pasar Gebang Jember

Almaftuhi, Muhammad Irham (2019) Metode Penetapan Harga oleh Pedagang Buah di Pasar Gebang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Irham Almaftuhi _E20152086.pdf

Download (8MB)

Abstract

Harga adalah suatu nilai tukar yang dapat disamakan dengan uang atau barang lain atas manfaat yang diperoleh dari suatu barang. Harga merupakan unsur penting dalam strategi pemasaran dan pencairan keuntungan. Harga berinteraksi dengan seluruh elemen lainnya dalam bauran pemasaran untuk menentukan efektivitas dari setiap elemen dan keseluruhan elemen. Tujuan yang menentukan metode penetapan harga haruslah merupakan bagian dari tujuan yang menuntun strategi pemasaran secara keseluruhan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana metode penetapan harga oleh pedagang buah di Pasar Gebang Jember? (2) Bagaimana implikasi metode penetapan harga terhadap harga jual buah? (3) Bagaimana implikasi metode penetapan harga terhadap laba yang diperoleh pedagang buah?. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan metode penetapan harga pedagang buah di Pasar Gebang Jember. (2) Mendeskripsikan implikasi metode penetapan harga terhadap harga jual buah di Pasar Gebang Jember. (3) Mendeskripsikan implikasi metode penetapan harga terhadap laba yang diperoleh pedagang buah di Pasar Gebang Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam penentuan subjek penelitian menggunakan purposive serta menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Metode penetapan harga jual buah yang digunakan pedagang buah di Pasar Gebang Jember adalah metode penetapan harga berbasis permintaan yaitu penetapan harga yang mana harga bervariasi pada satu jenis buah (price lining), harga lebih tinggi dari harga standart selama masa perkenalan (skimming pricing), harga lebih rendah dari harga standart pasar (penetration pricing) dan metode penetapan harga berbasis biaya (mark up) yang mana penetapan harga dalam mengambil keuntungan menyesuaikan dengan keinginan pedagang.(2) Harga jual buah yang ditetapkan oleh pedagang buah tidak sama. Adakalanya sesuai harga pasar, lebih rendah dari harga pasar dan juga lebih tinggi dari harga pasar. Hal itu disebabkan oleh tidak samanya metode penetapan harga yang digunakan oleh tiap-tiap pedagang. (3) Pedagang buah di Pasar Gebang Jember dalam menentukan laba cenderung tidak sama. Perbedaan penetapan laba pada pedagang buah di Pasar Gebang ini, secara fundamental dipengaruhi oleh metode penetapan harga jual buah yang digunakan oleh setiap pedagangnya. Selain itu juga dipengaruhi oleh cara menjual buah, yaitu dengan sistem eceran atau grosir. Kata Kunci: Harga, Laba, Biaya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Feb 2023 01:31
Last Modified: 03 Feb 2023 01:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18395

Actions (login required)

View Item View Item