Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, dan Label Halal Terhadap Keputusan Konsumen Berbelanja Pada Ritel Alfamart Di Jombang.

Rahmawati, Ainurrizqy (2016) Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, dan Label Halal Terhadap Keputusan Konsumen Berbelanja Pada Ritel Alfamart Di Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ainurrizqy Rahmawati_083 112 057.pdf

Download (4MB)

Abstract

Peneliti dilatarbelakangi oleh timbulnya fenomena persaingan antar penyedia barang dan jasa ritel modern. Maju ritel ini ditentukan oleh banyaknya jumlah konsumen yang berkunjung dan banyaknya barang yang konsumen beli pada ritel modern tersebut. Keputusan konsumen dalam memilih berbelanja pada ritel modern dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu: fasilitas yang baik dan memadai, dan citranya sebagai tempat berbelanja yang nyaman, aman, dan lengkap dan dapat memberikan kualitas pelayanan yang baik sehingga dapat tercipta kepuasan konsumen. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Apakah kualitas pelayanan dan label halal berpengaruh secara simultan terhadap keputusan konsumen berbelanja pada ritel alfamart di Jombang?. (2) Apakah kualitas pelayanan dan label halal terdapat pengaruh secara parsial terhadap keputusan konsumen berbelanja pada ritel alfamart di Jombang?. (3) Faktor manakah yang paling berpengaruh terhadap keputusan konsumen berbelanja pada ritel alfamart di Jombang?. Tujuan peneliti ini adalah: (1). Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan label halal secara simultan terhadap keputusan konsumen berbelanja pada ritel alfamart di Jombang. (2). Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan label halal secara parsial terhadap keputusan konsumen berbelanja pada ritel alfamart. (3). Untuk mengetahui faktor yang paling berpengaruh terhadap keputusan konsumen berbelanja pada ritel alfamart. Peneliti ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jenis penelitian lapangan. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja pada ritel alfamart. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Sampling. Sampel pada penelitian ini adalah konsumen sekitar alfamart yang terletak pada dusun Krajan I, Krajan II, Krajan III, yang diambil secara acak. Dan analisis data menggunakan persamaan regresi linear berganda yaitu: Y=a+b1X1+b2X2+e. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan sebagai berikut: 1). Berdasarkan hasil pengujian hipotesa F secara simultan bahwa kualitas pelayanan, dan label halal mempunyai pengaruh terhadap keputusan konsumen berbelanja pada ritel alfamart. Terbukti hasil uji F kualitas pelayanan dan label halal dengan Fhitung 11.426 > Ftabel 3.098 dengan signifikansi 0,05. 2). Berdasarkan penguian hipotesa t secara parsial bahwa kualitas pelayanan, dan label halal mempunyai pengaruh terhadap keputusan konsumen berbelanja pada ritel alfamart di Jombang. Terbukti hasil uji t kualitas pelayanan dengan t hitung 0.106 < t tabel 1.986 dengan signifikansi 0,025 dan label halal dengan t hitung 4.965 > t tabel 1.986 dengan signifikansi 0,025. 3). Berdasarkan hasil SPSS, faktor yang paling berpengaruh terhadap keputusan konsumen berbealnja pada ritel alfamart di Jombang adalah variabel label halal (X2), terbukti dengan nilai 0.492 dibandingkan dengan variabel kualitas pelayanan (X1) dengan nilai 0.009.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Feb 2023 07:18
Last Modified: 07 Feb 2023 07:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18517

Actions (login required)

View Item View Item