RINI ERI TAKIYA, 084 111 344 (2016) IMPLEMENTASI PENDEKATAN INDIVIDUAL DALAM PEMBELAJARAN PAI BAGI SISWA TUNANETRA DI SLB-A TAMAN PENDIDIKAN DAN ASUHAN (TPA) BINTORO PATRANG JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.
|
Text
Halaman Depan.pdf Download (461kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (448kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (685kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (929kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (549kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (738kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (493kB) | Preview |
Abstract
Rini Eri Takiya, 2016: Implementasi Pendekatan Individual dalam Pembelajaran PAI
Bagi Siswa Tunanetra di SLB-A Taman Pendidikan Asuhan (TPA) Bintoro Patrang Jember.
Tidak ada perbedaan di hadapan Allah swt anak-anak yang normal dengan anak-anak
yang memiliki kekurangan fisik dan mental Pendidikan tidak hanya diberikan kepada orang
yang memiliki kelengkapan fisik tetapi juga diberikan kepada anak yang memiliki
kekurangan fisik salah satunya yaitu siswa tunanetra. Anak tunanetra dapat memperoleh
pendidikan khusus pada Sekolah Luar Biasa (SLB-A) TPA Bintoro Patrang Jember. Para
siswa normal membutuhkan berbagai Pendekatan dalam pembelajarannya, begitupun siswa
tuna netra yang membutuhkan lebih banyak Pendekatan agar mereka bisa menyerap
pelajaran yang disampaikan dengan maksimal. Salah satu pendekatan yang digunakan pada
siswa tuna netra yaitu Pendekatan Individual,
Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan pendekatan individual dalam
pembelajaran (PAI) bagi siswa tuna netra di SLB-A TPA Bintoro Patrang Jember? (2)
Bagaimana pelaksanaan pendekatan individual dalam pembelajaran (PAI) bagi siswa tuna
netra di SLB-A TPA Bintoro Patrang Jember? (3) Bagaimana evaluasi pendekatan individual
dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) bagi siswa tuna netra di SLB-A TPA
Bintoro Patrang Jember?
Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan
pendekatan individual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) bagi siswa tuna
netra di SLB-A TPA Bintoro Patrang Jember (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan
pendekatan individual dalam pembelajaran PAI bagi siswa tuna netra di SLB-A TPA Bintoro
Patrang Jember (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pendekatan individual dalam
pembelajaran PAI bagi siswa tuna netra di SLB-A TPA Bintoro Patrang Jember.
Metode penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
kualitatif deskriptif. Adapun penentuan subyek penelitian menggunakan purposive sampling.
Dan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Teknik analisa data menggunakan deskriptif kualitatif. Dan keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian ini yaitu: (1) Perencanaan pendekatan individual dalam pembelajaran
PAI bagi siswa tunanetra meliputi pengembangan rencana pelaksaaan pembelajaran yang
dikembangkan, di program serta disusun oleh guru masing-masing bidang study (2)
Pelaksanaan pendekatan individual dalam pembelajaran PAI bagi siswa tunanetra. Dengan
langkah-langkah kegiatan sebagai berikut: menyampaikan materi yang akan dipelajari,
bercerita dahulu sebelum menyampaikan materi, siswa menulis materi yang telah dijelaskan,
dan siswa mencari dan membaca dalil yang berkaitan dengan tema yang telah dijelaskan. (3)
Evaluasi pendekatan individual dalam pembelajaran PAI bagi anak tunanetra dilakukan
dengan menggunakan evaluasi proses berupa evaluasi dengan pertanyaan lisan dan ulangan
harian, dan evaluasi sumatif dan formatif
Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined]) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN PAI, SISWA TUNANETRA |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Masrur Rizqon |
Date Deposited: | 31 Oct 2017 03:27 |
Last Modified: | 31 Oct 2017 03:27 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/187 |
Actions (login required)
View Item |