Zahroniah, Rahmatus (2015) Praktek Jual Beli Dengan Sistem Multi Level Marketing Di K-Link Jember Dalam Perspektif Hukum Islam. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Rahmatus Zahroniah_083 112 002.pdf Download (2MB) |
Abstract
Multi level marketing adalah salah satu konsep penyaluran barang (produk dan jasa) yang memberikan kesepakatan kepada para konsumen untuk turut terlibat sebagai penjual dan menikmati keuntungan di dalam garis kemitraan atau sponsorisasi. Dan kian hari kian berkembang, bahkan muncul MLM yang berbasis Syariah, perusahaan berbasis Syariah diwajibkan memenuhi janji/ komitmenkomitmen ini sesuai dengan ajaran Islam, secara realita kini perusahaan MLM sudah banyak tumbuh didalam dan diluar negeri. PT. K-Link adalah salah satu perusahaan multi level marketing di Indonesia, dimana bisnis ini menjalankan dengan menggunakan sistem jaringan di Indonesia ini masih relatif baru, Sehinnga di tengah kerasnya persaingan global, PT. K-Link Jember berusaha untuk tetap eksis diposisinya dengan berbagai cara atau strategi yang digunakan. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: Bagaimana praktek jual beli dengan sistem multi level marketing di K-Link Jember dalam perspektif hukum Islam. Bagaimana penetapan harga di K-link Jember. Bagaimana pendapatan (income) di K-link Jember. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan praktek jual beli dengan sistem multi level marketing dalam perspektif huum islam, mendeskripsikan sistem penetapan harga di K-link Jember, mendeskripsikan tehnik penentuan pendapatan harga di K-link jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Adapun tekhnik pengumpulan data menggunakan interview, observasi,dokumentasi Penelitian ini memperoleh kesimpulan Dalam pelaksanaan penetapan harga di K-Link Jember sangat penting, karna produk K-Link ini semua harganya tidak sama, dan promosi-promosi itu tergantung ada produk baru, kalau potongan harga di K-Link ini kalau membeli banyak produk di usahakan untuk menjadi member saja., adapun usaha yang dilakukan oleh pengusaha untuk menjual produknya dalam PT. K-Link terdapat dua wilayah yaitu wilayah A dan B dimana ini untuk mempermudah pembelian produk ketika produk di stockistnya lagi kosong. Pendapatan yang dilakukan dalam pembagian bonus di PT. K-Link dilakukan secara adil dan tidak ada eksploitasi secara sepihak. Bonus yang didapatkan oleh member sesuai dengan hasil penjualan produk. Jika pendapatan diperoleh member yang berperingkat atas adalah passive income karena yang berperingkat atas tersebut mendapatkan penghasilan yang lebih besar dari downlinenya dan dari hasil jerih payah downline. Dan jika pendapatan diperoleh member yang masih tidak berperingkat itu adalah aktiv income karena masih aktif dalam bekerja dan hasil jerih payahnya sendiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 08:11 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 08:11 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19074 |
Actions (login required)
View Item |