IMPLEMENTASI POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENCEGAH KENAKALAN REMAJA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI JEMBER II TAHUN PELAJARAN 2016/2017

RUFAIDAH BAIQ ROFIQOH, 084121019 (2016) IMPLEMENTASI POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENCEGAH KENAKALAN REMAJA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI JEMBER II TAHUN PELAJARAN 2016/2017. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
cover awal.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (809kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (840kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (886kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (430kB) | Preview

Abstract

Rufaidah Baiq Rofiqoh, 2016: Implementasi Pola Asuh Orang Tua dalam Mencegah
Kenakalan Remaja di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jember II
Tahun Pelajaran 2016/2017.

Orang tua mempunyai tanggung jawab untuk mengantarkan putra- putrinya
menjadi seorang yang sukses dan bagi orang tua penting memahami dan memperhatikan
perkembangan anak. Kenakalan remaja merupakan salah satu dari sekian banyak
penyebab kehancuran remaja. Saat ini banyak remaja yang menyukai gaya hidup ala
barat (westernisasi), yang mana budaya etika ketimuran telah hilang. Dalam hal ini pola
asuh orang sangatlah penting berkenaan dengan semakin berkembangnya zaman.
Sehubungan dengan hal tersebut, peneliti mengambil judul tentang “ Implementasi Pola
Asuh Orang Tua dalam Mencegah Kenakalan Remaja di Madrasah Tsanawiyah Negeri
Jember II Tahun Pelajaran 2016/2017”.
Adapun fokus penelitian: (1) Bagaimana implementasi pola asuh otoriter orang
tua dalam mencegah kenakalan remaja di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jember II Tahun
Pelajaran 2016/2017 ? (2) Bagaimana implementasi pola asuh demokratis orang tua
dalam mencegah kenakalan remaja di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jember II Tahun
Pelajaran 2016/2017 (3) Bagaimana implementasi pola asuh laisses faire orang tua dalam
mencegah kenakalan remaja di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jember II Tahun Pelajaran
2016/2017? Sedangkan tujuan dalam penelitian: (1) Untuk mendeskripsikan
implemetansi pola asuh otoriter orang tua dalam mencegah kenakalan remaja di
Madrasah Tsanawiyah Negeri Jember II Tahun Pelajaran 2016/2017 (2) Untuk
mendeskripsikan implemetansi pola asuh demokratis orang tua dalam mencegah
kenakalan remaja di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jember II Tahun Pelajaran 2016/2017
(3) Untuk mendeskripsikan implemetansi pola asuh laisses faire orang tua dalam
mencegah kenakalan remaja di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jember II Tahun Pelajaran
2016/2017.
Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan
dokumentasi terhadap data-data yang diperlukan. Metode analisis data dengan
menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yang mempunyai langkah-langkah yaitu
reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan serta keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber dan triangulasi teknik
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa (1)
Dengan pola asuh otoriter orang tua mengakibatkan tidak sedikit anak menjadi seorang
yang pembangkang, tidak memiliki rasa tanggung jawab, tingkah laku anak akan
sebaliknya jika anak berada di luar jangkauan kedua orang tuanya dengan anak bersikap
brutal seperti berbuat jahil terhadap teman atau berbuat gaduh dan tidak jarang mulai
berani mencoba hal- hal yang negatif. (2) Dengan orang tua yang menerapkan pola asuh
demokratis pada anaknya, menjadikan anak lebih berprestasi, anak bertanggung jawab
atas dirinya, percaya diri, mudah bergaul, mampu bekerja sama secara baik dan anak
yang mendapatkan pola asuh ini memiliki perangai akhlak yang baik. (3) Orang tua yang
menerapkan pola asuh laisses faire pada anaknya menjadikan anak bersikap manja dan
sulit untuk diatur, prestasi belajar anak tidak stabil, anak menjadi pembangkang dan lebih
betah berada di luar rumah, anak kurang rasa percaya diri, tidak bertanggung jawab
terhadap dirinya dan juga dalam menghadapi sebuah masalah, dan juga anak lebih berani
untuk melakukan hal-hal yang berbau negatif.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined])
Uncontrolled Keywords: POLA ASUH ORANG TUA
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Masrur Rizqon
Date Deposited: 01 Nov 2017 01:53
Last Modified: 01 Nov 2017 01:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/191

Actions (login required)

View Item View Item