Sya'diyah, Wakiatus (2018) Pengaruh Karakter Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Pembiayaan PT. Bank Mandiri Syariah Kantor Cabang Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Wakiatus Sya’diyah_083123030.pdf Download (6MB) |
Abstract
Pertumbuhan pembiayaan di Indonesia relative besar jika dibandingkan dengan negara-negara asing lainnya. Dalam beberapa tahun terakhir bank-bank syariah tumbuh sangat pesat sekali di Indonesia. Total asset bank syariah pada akhir juli 2014 atau naik sebesar 392,3% atau tumbuh sekitar 85,65% pertahun. Dalam hal ini Peran marketing sangat penting. tidak hanya aspek produksi, tetapi juga aspek strategi pemasarannya. Dalam menempatkan strategi tersebut suatu bank harus didukung oleh para pemasar/marketing yang handal yang memiliki sifat dan karakter marketing karena marketing memiliki kontak paling besar dengan dunia luar. Fokus Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh karakter marketing (aspek pribadi dan aspek sosial) terhadap loyalitas nasabah pembiayaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh karakter marketing terhadap loyalitas nasabah pembiayaan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif yang diperoleh dari data primer dan sekunder. Penentuan sampel menggunakan simpel random sampling dimana pengambilan sampelnya secara acak tanpa strata dan mengunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah pembiayaan Bank Mandiri Syariah Kantor Cabang Bondowoso dengan sampel sebanyak 100 responden. Pengujian pada penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dan pengujian hipotesis . Hasil dari penelitian yang diperoleh yaitu: Penelitian dengan menggunakan analisis regresi berganda dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa aspek sosial (X1) dan aspek pribadi (X2) ada pengaruh tetapi tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah pembiayaan dengan pengaruh sangat kecil yaitu sebesar 0,063 aspek pribadi dan 0,261 aspek sosial. Namun Dari variabel independent berpengaruh dengan tingkat signifikan sebesar 21,2% terhadap loyalitas nasabah pembiayaan sisanya 78,8% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini, salah satu faktor lain diluar penelitian ini adalah marketing mix yang mempunyai kemungkinan besar berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pembiayaan Kata kunci: karakter marketing, Aspek pribadi (jujur, penampilan, percaya diri), aspek sosial (sopan, simpati, disiplin)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 01 Mar 2023 08:09 |
Last Modified: | 01 Mar 2023 08:09 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19357 |
Actions (login required)
View Item |