Nawawi, Imam (2017) Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Kepada Siswa Paket C PKBM Asy-Syifa’ Jember Tahun 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Imam Nawawi _084 121 354.pdf Download (4MB) |
Abstract
Paket C merupakan pendidikan non formal yang memfasilitasi masyarakat sekitar Cumedak. Namun realitasnya banyak siswa-siswa baru paket C mayoritas berlatar belakang dari keluarga minim pengetahuan keagamaannya, sehingga berpengaruh dengan aturan yang bersifat keagamaan di paket C PKBM AsySyifa’, untuk mengoptimalkan kembali aturan tersebut perlu adanya pembudayaan terhadap aturan kepada para siswa paket C yaitu dengan cara memasukkan kegiatan yang bersifat keagamaan dalam kegiatan belajar siswa paket C dengan begitu dalam diri mereka akan tertanam nilai-nilai pendidikan agama Islam. Fokus penelitian ini adalah: (1). Bagaimana bentuk internalisasi nilai-nilai aqidah kepada siswa paket C PKBM Asy-Syifa’ Cumedak Sumberjambe Jember tahun 2016/2017? (2). Bagaimana bentuk internalisasi nilai-nilai syariah kepada siswa paket C PKBM Asy-Syifa’ Cumedak Sumberjambe Jember tahun 2016/2017? (3). Bagaimana bentuk internalisasi nilai-nilai akhlak kepada siswa paket C PKBM Asy-Syifa’ Cumedak Sumberjambe Jember tahun 2016/2017? Tujuan penelitian ini yaitu: (1). Mendeskripsikan bentuk internalisasi nilai-nilai aqidah kepada siswa paket C PKBM Asy-Syifa’ Cumedak Sumberjambe Jember tahun 2016/2017. (2). Mendeskripsikan bentuk internalisasi nilai-nilai ibadah kepada siswa paket C PKBM Asy-Syifa’ Cumedak Sumberjambe Jember tahun 2016/2017. (3). Mendeskripsikan bentuk internalisasi nilai-nilai akhlak kepada siswa paket C PKBM Asy-Syifa’ Cumedak Sumberjambe Jember tahun 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya field research. Lokasi penelitian ini di PKBM Asy-Syifa’ Cumedak Sumberjambe Jember. Penentuan subyek penelitian menggunakan: teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi, analisis data menggunakan: data reduction, data display, dan verification, keabsahan data menggunakan: teknik triangulasi sumber dan teknik. Temuan penelitian ini yaitu: (1), Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam kepada siswa paket C aspek Aqidah dengan memperkuat keyakinan siswa paket C kepada Allah, karena dengan begitu akan berdampak menghilangkan rasa keraguan kepada Allah dalam diri siswa, dan apabila rasa percaya kepada Allah sudah kuat, maka perilaku kesehariannya tidak akan menyimpang dari ajaran islam, baik dari aspek ibadahnya maupun hubungan sosial antar sesama. (2), Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam kepada siswa paket C aspek Syariah dengan mewajibkan siswa paket C untuk selalu berjamaah baik itu shalat wajib maupun shalat sunnah yang sudah menjadi rutinitas sehari-hari sekolah, bukan hanya itu para siswa diwajibkan untuk selalu ikut kajian kitab yang dipimpin oleh kyai Nisful, karena kegiatan ini intinya juga manifestai dari ibadah. (3), Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam kepada siswa paket C aspek Akhlak ialah dengan membiasakan periaku-perilaku baik kepada Allah, antar sesama, dan lingkungan dalam kehidupan sehari-hari, dengan begitu dampak dari perilaku positif tersebut dapat memberi dampak yang baik pula bagi siswa paket C
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 02 Mar 2023 08:50 |
Last Modified: | 02 Mar 2023 08:50 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19422 |
Actions (login required)
View Item |