Rofikoh, Siti (2017) Analisis SWOT Terhadap Pemasaran Produk Asuransi Unit Link PT. Prudential Life Assurance Kantor Pemasaran Jember.. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Siti Rofikoh_083 133 137.pdf Download (243MB) |
Abstract
Pemasaran merupakan akitivitas perusahaan yang berkaitan dengan perencanaan dan konsep, untuk penetapan harga, promosi dan pendistribusian produk berupa barang dan jasa. Produk Asuransi Unit Link di PT Prudential merupakan produk yang mempunyai dua manfaat yaitu proteksi dan investasi. Produk ini banyak diminati oleh masyarakat karena produk ini bukan hanya untuk proteksi saja melainkan ada investasinya. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Pemasaran Produk Asuransi Unit Link PT Prudential Life Assurance Kantor Pemasaran Jember?. 2) Bagaimana Analisis SWOT Terhadap Pemasaran Produk Asuransi Unit Link PT Prudential Life Assurance Kantor Pemasaran Jember? Tujuan penelitian adalah 1) Untuk mendeskripsikan pemasaran produk asuransi unit link PT Prudential PT Prudential Life Assurance Kantor Pemasaran Jember. 2) Untuk mendeskripsikan analisis SWOT terhadap pemasaran produk asuransi unit link PT Prudential PT Prudential Life Assurance Kantor Pemasaran Jember. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dan jenis penelitian menggunkan field reasech. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan Penarikan Kesimpulam/verification. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Peneliti menarik kesimpulan bahwa: 1) Strategi pemasaran di PT Prudential ada tiga strategi yaitu Pertama Selling melalui Direct (outdor) dan Indirect, Kedua Recruiting melalui GBOP (Grand Business Oportunity Prestation) dan BOP (Business Oportunity Prestation) dan yang Ketiga Pengembangan SDM atau Sumber Daya Manusia melalui Training, Teori, Praktek, Net Work dan seminar. Dan ada strategi keagenan dimana setiap agen mempunyai strateginya berbeda-beda dan setiap agen mempunyai pengetahuan yang sama dengan agen-agen lainnya dalam masalah. 2) Analisis SWOT dalam strstegi pemasaran yaitu dari kekuatan (strengths) dalam strategi penjualan melalui media televisi, majalah, koran, iklan dijalan dan lain sebagainya, dari segi produk, pelayanan dan saat nasabah klaim perusahaan PT Prudential akan cepat menanggani dan bertanggung jawab, kelemahan (weaknesses) dalam strategi kembali kepada tenaga kerjanya, malas bekerja padahal tenaga kejanya menguasai produk untuk dijual, kurangnya tenaga kerja/SDM yang berpotensial, peluang (opportunities) yaitu menjual asuransi dari kalangan menengah ke atas, bagi nasabah yang ikut asuransi akan mendapatkan manfaat lebih dan fasilitas yang ada. Ancaman (threats) bila nasabah tidak membayar premi akan terjadi macet premi dan produk-produk yang ditawarkan oleh agen pemasaran tidak sesuai keinginan nasabah sehingga nasabah tidak puas dan akhirnya kecewa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 06 Mar 2023 09:43 |
Last Modified: | 06 Mar 2023 09:43 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19595 |
Actions (login required)
View Item |