Sholehah, Siti Yuski Wardatus (2017) Pengaruh Relationship Marketing terhadap Customer Loyalty PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Siti Yuski Wardatus Sholehah_083 133 052.pdf Download (11MB) |
Abstract
Di dalam dunia usaha lembaga keuangan bank dan non bank mengakibatkan semakin ketatnya persaingan di lembaga keuangan. Salah satu problem sentral yang harus dihadapi oleh perusahaan-perusahaan saat ini adalah bagaimana perusahaan tersebut menarik pelanggan dan mempertahankanya agar perusahaan tersebut dapat bertahan dan berkembang. Dalam islam seorang penjual dianjurkan menjalin hubungan baiknya dengan pembeli, untuk memperlakukannya dengan baik supaya terjalin ikatan yang saling menguntungkan dari kedua belah pihak. Hubungan baik tersebut sebagai ikatan bisnis yang terbentuk karena saling memberi manfaat antara penjual dan pembeli, tidak hanya untuk mencari keuntungan semata, namun ada nilai kebersamaan untuk saling menjaga jalinan kerjasama yang terbangun dengan diikat tali persaudaraan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Apakah relationship marketing berpengaruh signifikan terhadap customer loyalty PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jember? (2) Seberapa besar pengaruh relationship marketing terhadap customer loyalty PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jember? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh relationship marketing terhadap customer loyalty PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jember. (2) Seberapa besar pengaruh Relationship Marketing terhadap Cutomer Loyalty PT. Pegadaian ([Persero) Cabang Jember. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis field research. Metode analisis yang di gunakan adalah uji validitas dan reliabilitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana, pengujian hipotesis menggunakan Uji T dan koefisien determinasi (R Square). Berdasarkan hasil pengujian secara parsial terdapat pengaruh relationship marketing terhadap customer loyalty PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jember dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Sedangkan, besar pengaruh yang dihasilkan dari Uji Adj R Square yakni sebesar 43,0% sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini. Kata Kunci:Relationship Marketing, Customer Loyalty.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 06 Mar 2023 09:43 |
Last Modified: | 06 Mar 2023 09:43 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19597 |
Actions (login required)
View Item |