Peran Marketing Funding dalam Peningkatan Dana Pihak Ketiga PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember.

Maulida, Aulia Anugerah (2019) Peran Marketing Funding dalam Peningkatan Dana Pihak Ketiga PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Aulia Anugerah Maulida_083 143 186.pdf

Download (2MB)

Abstract

Setiap bank syariah mempunyai bermacam-macam produk yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Didalam menawarkan produknya terjadi persaingan antara bank-bank syariah sehingga perlu adanya strategi didalam pemasaran masing-masing bank tersebut. Di era globalisasi ini persaingan dalam bisnis perbankan sangat ketat, sehingga membutuhkan strategi pemasaran untuk memasarkan produknya. Salah satu faktor yang dapat digunakan untuk menilai tingkat keberhasilan bank syariah adalah dengan melihat besarnya Dana Pihak Ketiga (DPK). Marketing Funding adalah salah satu faktor yang dianggap mempengaruhi peningkatan DPK. Dari uraian di atas terdapat 2 fokus penelitian, yaitu: (1) Bagaimana peran marketing funding dalam peningkatan dana pihak ketiga (DPK) Bank Syariah Mandiri KC. Jember?, (2) Bagaimana strategi yang digunakan marketing funding dalam peningkatan dana pihak ketiga (DPK) Bank Syariah Mandiri KC. Jember? Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui dan mendiskripsikan peran marketing funding dalam peningkatan dana pihak ketiga BSM KC. Jember. (2) Untuk mengetahui dan mendiskripsikan strategi yang dilakukan marketing funding dalam peningkatan dana pihak ketiga BSM KC. Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam skripsi ini melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Peran marketing funding dalam peningkatan dana pihak ketiga Bank Syariah Mandiri KC. Jember sangat berperan. Penghimpunan dana pihak ketiga memang tugas dari seorang marketing funding. Akan tetapi dalam BSM KC. Jember ini yang berperan dalam peningkatan dana pihak ketiga tidak hanya seorang marketing funding saja. Semua karyawan yang berhadapan langsung dengan nasabah juga berperan dalam peningkatan dana pihak ketiga seperti halnya customer service dan teller. (2) Strategi marketing funding dalam peningkatan dana pihak ketiga Bank Syariah Mandiri KC. Jember menggunakan Marketing mix meliputi 4P yaitu product, price, promotion dan place. Dalam bauran pemasaran ini yang sering digunakan dalam penelitian ini adalah berfokus pada strategi promosi dan produk. Karena dengan adanya strategi promosi seorang marketing funding bisa menawarkan atau menjelaskan tentang keuntungan dan kelebihan produk-produk yang dimiliki oleh bank tersebut secara langsung kepada nasabah. Kata kunci : Marketing, Funding, Dana Pihak Ketiga

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:25
Last Modified: 07 Mar 2023 07:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19630

Actions (login required)

View Item View Item