Analisis Strategi Pemasaran Produk Mitra Beasiswa Berencana Pada Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 Cabang Balung Jember

Marzuki, Nur Amalia (2019) Analisis Strategi Pemasaran Produk Mitra Beasiswa Berencana Pada Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 Cabang Balung Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Amalia Marzuki_083 143 249.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dengan minatnya masyarakat dalam bidang asuransi mengakibatkan tingkat persaingan di dunia asuransi menjadi semakin ketat, pemasaran merupakan salah satu senjata bagi perusahaan untuk menghadapi persaingan pasar. Pada dasarnya pemasaran mencari kecocokan antara kemampuan internal perusahaan dengan peluang eksternal yang ada di pasar. Mencari kecocokan merupakan tanggung jawab dari bagian pemasaran untuk menerapkan pemasaran yang sesuai dengan produk yang dihasilkan dan sesuai dengan segmen pasar oleh produk yang diluncurkan. Dalam segmentasi pasar memiliki kriteria yang dipakai harus berbeda antara segmen pasar yang satu dengan lainnya. Dalam berbagai usaha bisnis yang berkembang saat ini, baik yang menghasilkan barang maupun jasa, peran pemasaran sangatlah penting karena pemasaran merupakan salah satu faktor kunci penentu keberhasilan bisnis. Ini berkaitan dengan fungsi pemasaran itu sendiri sebagai penghubung antara perusahaan dan konsumen. Pemasaran merupakan proses perencanaan dan pelaksanaan konsep, pemberi harga, promosi, dan pendistribusian ide, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan individu dan tujuan organisasi. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi pemasaran produk mitra beasiswa berencana dengan menggunakan analisis SWOT pada AJB Bumiputera 1912 Cab. Balung 2) Apa saja Kekuatan, Kelemahan, Peluang, Ancaman pada produk Mitra Beasiswa Berencana AJB Bumiputera 1912 Cab. Balung. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi pemasaran produk Mitra Beasiswa Berencana dengan menggunakan analisis SWOT pada AJB Bumiputera 1912 Cab. Balung 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman pada produk Mitra Beasiswa Berencana di AJB Bumiputera 1912 Cab. Balung Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penentuan subjek penelitian menggunakan key informan dengan teknik purposive, yaitu teknik pengambilan responden dengan pertimbangan tertentu.. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam skripsi ini melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Selling merupakan strategi yang dipakai oleh Asuransi Bumiputera untuk menarik masyarakat yang ingin membeli asuransi. Selling ini mempunyai dua cara yaitu pertama Direct (oudoor) langsung bertatap muka/ door to door, Kedua indirect yang melalui by phone. AJB bumiputera mempunyai kekuatan dalam segi pemasaran melalui media iklan di jalan, majalah dan lain sebagainya. Kelemahan dari pemasaran kembali kepada tenaga kerjanya, ada agen pemasaran yang belum siap untuk memasarkan produk sehingga agen yang memasakan untuk menjual tidak akan maksimal. peluang untuk menjual asuransi kepada masyarakat khususnya produk Mitra Beasiswa Berencana ini karena pertumbuhan penduduk di indonesia. Munculnya produk terbaru dengan investasi yang tinggi (perusahaan lain) merupakan suatu ancaman untuk produk mitra beasiswa ini, karena jika dengan adanya produk baru yang investasinya tinggi, produk lama akan mudah tergeser oleh produk yang baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:49
Last Modified: 08 Mar 2023 06:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19736

Actions (login required)

View Item View Item