Utama, Mohamad Maulidin Alif (2018) Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Tematik dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Terhadap di Madrasah Ibtidaiyah Mifathul Ulum Wongsorejo Banyuwangi. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Mohamad Maulidin Alif Utama_0849416003.pdf Download (5MB) |
Abstract
Kata kunci : Pelaksanaan Pembelajaran Tematik, Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa Sebagai refleksi dari perkembangan teknologi pendidikan yang semakin maju Perubahan pembelajaran pendekatan pembelajaran konvensional menjadi pelaksanaan Pembelajaran tematik merupakan suatu proses inovasi dalam pembelajaran sebagai upaya peningkatan dalam peningkatan pendidikan khususnya di tingkat pendidikan dasar, selain itu guru dituntut untuk selalu berusaha meningkatkan kemampuan dalam pelaksanaan pembelajarannya kompetensinya khususnya kompetensi pedagogiknya. Oleh karena itu dengan pelaksanaan pembelajaran tematik dan kompetensi pedagogik merupakan aspek yang penting dalam keberhasilan belajar siswa khususnya dalam meningkatkan gairah belajar siswa atau motivasi belajar siswa. Tanpa adanya pelaksnaan pembejaran tematik dan kompetensi pedagogik yang optimal maka motivasi belajar siswa akan sulit tercapai secara optimal Adapun rumusan dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Madrasah ibtidaiyah Miftahul Ulum Wongsorejo Banyuwangi ? (2) Adakah pengaruh Kompetensi Pedagogik Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Madrasah ibtidaiyah Miftahul Ulum Wongsorejo Banyuwang? (3) Adakah pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Tematik dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Madrasah ibtidaiyah Miftahul Ulum Wongsorejo Banyuwangi? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Menjelaskan seberapa besar pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Madrasah ibtidaiyah Miftahul Ulum Wongsorejo Banyuwangi. (2) Menjelaskan seberapa besar pengaruh Kompetensi Pedagogik Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Madrasah ibtidaiyah Miftahul Ulum Wongsorejo Banyuwangi . (3) Menjelaskan seberapa besar pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Tematik dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Madrasah ibtidaiyah Miftahul Ulum Wongsorejo Banyuwangi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif korelasional. Teknik sampling yang digunakan adalah penarikan sample secara Stratified Proportionate Random Sampling dengan tujuan untuk memperoleh sampel yang representatif. Pengumpulan data menggunakan instrument kuesioner atau angket. Analisis data dan pengujian hipotesis menggunaka regresi sederhana ( uji t ) dan regresi berganda ( uji F ). Hasil penilitian ini memperoleh kesimpulan bahwa: (1) Ada pengaruh yang digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id v positif antara Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Madrasah ibtidaiyah Miftahul Ulum Wongsorejo Banyuwangi sebesar 23, 025%. (2) Ada pengaruh yang positif antara Kompetensi Pedagogik Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Madrasah ibtidaiyah Miftahul Ulum Wongsorejo Banyuwangi sebesar 25, 039%. (3) Ada pengaruh yang positif antara Pelaksanaan Pembelajaran Tematik dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Madrasah ibtidaiyah Miftahul Ulum Wongsorejo Banyuwangi sebesar 48,064%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 08 Mar 2023 06:52 |
Last Modified: | 08 Mar 2023 06:52 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19785 |
Actions (login required)
View Item |