Inayati, Lailatul (2019) Strategi Komunikasi Bisnis Produk AMDK Al-Qodiri oleh PT Tujuh Impian Bersama Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Lailatul Inayati_E20152157.pdf Download (1MB) |
Abstract
Komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi, baik komunikasi verbal maupun nonverbal untuk mencapai tujuan tertentu. Perkembangan bisnis yang semakin kompetitif telah mendorong perusahaan untuk memahami pelanggannya dengan baik. Salah satu kunci utama dari pemahaman perusahaan terhadap pelanggan adalah adanya komunikasi yang efektif sehingga pesan yang ingin disampaikan oleh perusahaan terhadap pelanggannya bisa utuh dan dipahami dengan baik oleh pelanggan. Fokus masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana strategi komunikasi bisnis produk AMDK Al-Qodiri oleh PT Tujuh Impian Bersama untuk meningkatkan minat beli konsumen? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat strategi komunikasi bisnis produk AMDK Al-Qodiri oleh PT Tujuh Impian Bersama dalam meningkatkan minat beli konsumen? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi bisnis produk AMDK Al-Qodiri oleh PT Tujuh Impian Bersama dalam meningkatkan minat beli konsumen dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi komunikasi bisnis AMDK Al-Qodiri oleh PT Tujuh Impian Bersama dalam meningkatkan minat beli konsumen. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, analisis yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sementara teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selain itu untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber. Dengan demikian, hasil dari penelitian ini diperoleh kesimpulan 1) Strategi komunikasi bisnis produk AMDK Al-Qodiri oleh PT Tujuh Impian Bersama dalam meningkatkan minat beli konsumen yaitu meliputi (1) bentuk komunikasi verbal yaitu dengan lisan dan tulisan. Komunikasi verbal dengan tulisan seperti surat menyurat dan memo internal, sedangkan dengan lisan seperti wawancara dan rekrutmen. Kemudian komunikasi nonverbal dilakukan kepada konsumen yaitu melalui ekspresi wajah, ucapan, dan penampilan. (2) pola komunikasi pada PT Tujuh Impian Bersama terjadi antara atasan ke bawahan, bawahan ke atasan dan komunikasi sejajar. (3) Strategi komunikasi bisnis dilakukan dengan supplier dan konsumen. Komunikasi bisnis dengan konsumen terjadi saat pertama menawarkan produk, menjawab keluhan pelanggan, dan melakukan konfirmasi pembayaran. Sedangkan dengan supplier saat pemesanan bahan baku. 2) faktor pendukung komunikasi bisnis yaitu brand yang dibawa, saluran komunikasi yang dipakai, kecepatan layanan dan regulasi. vii pemerintah. Sedangkan untuk faktor penghambatnya yaitu harga, ketersediaaan bahan baku, dan sales yang nakal. Kata Kunci: Strategi Komunikasi Bisnis, Minat Beli
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 13 Mar 2023 07:43 |
Last Modified: | 13 Mar 2023 07:43 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20108 |
Actions (login required)
View Item |