Analisis Rantai Distribusi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk NASA di Kabupaten Jember.

Nadhifah, Wiwin Mufidatin (2017) Analisis Rantai Distribusi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk NASA di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Wiwin Mufidatin Nadhifah_083 144 021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perusahaan merupakan organisasi yang didirikan oleh seseorang atau sekelompok orang atau badan lain yang kegiatannya melakukan produksi dan distribusi guna untuk memenuhi kebutuhan ekonomis manusia. Salah satu gerakan ekonomi yang sedang berkembang pesat saat ini adalah MLM (Multi Level Marketing) meningkatkan penjualan merupakan tujuan dari konsep pemasaran, untuk dapat meningkatkan volume penjualan, perusahaan harus dapat mempengauhi konsumen dengan produk, harga, promosi, dan juga tempat. Begitupun yang terjadi pada stokist NASA Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember yang bergerak pada bidang penditribusian produk NASA yang menggunakan strategi pemasaran dengan cara pendistribusian dengan tim, dengan awalnya toko masih belum menjadi stokist dan cara pemasarannya berawal dari mulut ke mulut hingga sosial media. Fokus masalah yang diteliti adalah: 1). Bagaimana rantai distribusi pemasaran produk NASA di Kabupaten Jember? 2). Bagaimana strategi penjualan NASA di Kabupaten Jember? 3). Bagaimana rantai distribusi pemasaran dalam meningkatkan penjualan produk NASA di Kabupaten Jember? Tujuan dalam penelitian adalah: 1). Untuk mendeskripsikan rantai distribusi pemasaran pada penjualan produk NASA di Kabupaten Jember. 2). Untuk mendeskripsikan strategi penjualan produk NASA di Kabupaten Jember. 3). Untuk mendeskripsikan rantai distribusi dalam meningkatkan penjualan produk NASA di Kabupaten Jember. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif. Jenis penelitian menggunakan penelitian lapangan. Teknik sampel yang dipilih adalah purposive sampling yaitu menentukan sampel dengan pertimbangan tertentu yang dipandang dapat memberikan data secara maksimal dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Sedagkan teknik pengumpulan data meliputi observasi (pengamatan), interview (wawancara), dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa 1). Dalam menjalankan bisnisnya stokist NASA sudah menerapkann strategi penjualan dengan baik dan efektif, kedepannya stokist NASA Rambipuji Jember harus lebih peka dalam menghadapi persaingan pasar, supaya volume penjualan yang direncanakan dapat terwujud sesuai target yang ditentukan. 2). Setelah melihat harga dari produk NASA yang relarif mahal, ada kemungkinan menghambat peningkatan penjualan, peneliti menyarankan, untuk harga yang di jual dengan harga mahal, penjual harus mengadakan banyak strategi penjualan seperti promosi beli 2 gratis 1 atau beli 1 produk dengan promo gratis ongkir dan sebagainya.3)Pemasangan banner dan promosi lewat sosial media seperti facebook, instagram, dan juga whatshapp merupakan strategi penjualan yang sangat efektif untuk memikat para pelanggan atau konsumen. Kata Kunci: Rantai Distribusi Pemasaran,Meningkatkan Penjualan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:55
Last Modified: 14 Mar 2023 08:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20257

Actions (login required)

View Item View Item