Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Citra dan Kualitas layanan Lembaga di MAN Bondowoso

Hekayanti, Hevi (2020) Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Citra dan Kualitas layanan Lembaga di MAN Bondowoso. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hevi Hekayanti_0849117014.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata kunci: Strategi Pemasaran, Jasa Pendidikan, Citra lembaga, Kualitas Layanan Realita menarik terjadi dalam penyelenggaraan pendidikan, terutama ketika penerimaan siswa baru. Masyarakat seolah begitu mengerti madrasah yang layak untuk putra dan putrinya. Bagi masyarakat kreteria madrasah yang memiliki citra baik adalah madrasah yang sukses memuaskan pelanggan jasa pendidikan. Penelitian dilakukan di MAN Bondowoso mengingat lembaga ini memiliki banyak keunikan, keunggulan dan citra positif dikalangan masyarakat. Fokus penelitian ini membahas 1) Apa saja strategi pemasaran jasa pendidikan yang digunakan MAN Bondowoso dalam meningkatkan kualitas layanan dan citra lembaga. 2) Bagaiamana marketing mix jasa pendidikan dalam meningkatkan kualitas layayanan dan citra lembaga di MAN Bondowosos. 3) Bagaimana implikasi strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan kualitas layanan dan citra lembaga di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. Tujuan penelitan ini mendiskripsikan 1) ) Apa saja strategi pemasaran jasa pendidikan yang digunakan MAN Bondowoso dalam meningkatkan kualitas layanan dan citra lembaga. 2) Bagaiamana marketing mix jasa pendidikan dalam meningkatkan kualitas layayanan dan citra lembaga di MAN Bondowoso. 3) Bagaimana implikasi strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan kualitas layanan dan citra lembaga di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan interview, observasi dan dokumentasi. Model analisis data menggunakan model Interaktif Miles, Huberman dan Saldana meliputi kondensasi data, penyajian data dan verivikasi. Sedangkan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber, dan trianggulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan kualitas layanan dan citra lembaga di MAN Bondowoso dilakukan dengan bebrapa strategi yaitu: a) biaya rendah terpimpin, b) strategi differensiasi, c) strategi fokus. 2) Marketing mix jasa pendidikan yang ada di MAN Bondowoso a) SDM yang dinilai sangat kompeten dan profesional. b) Proses belajar mengajar yang menerapkan kurikulum K13 serta pengembnagnnya memiliki pola, model, dan variasi yang bernuansa pesantren. c) Bukti fisik mulai dari bangunan yang menarik serta sarana prasarana yang memadai. 3) Implikasi dari strategi pemasaran yang diterapkan meliputi:a) semakin tinnginya loyalitas pelanggan jas pendidikan. b) semakin kuatnya kepercayaan masyarakat. c) besarnya dukungan masyarakat. d) terjalinnya kerja sama yang efektif antara orang tua siswa, masyarakat dan pemerintah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:06
Last Modified: 17 Mar 2023 01:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20282

Actions (login required)

View Item View Item