Isnaini, Lilis (2020) Internalisasi Nilai-Nilai Agama Berwawasan Multikultural Di Sekolah Dasar Kristen Aletheia Genteng Banyuwangi. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Lilis Isnaini_0849417009.pdf Download (6MB) |
Abstract
Kata Kunci: Internalisasi nilai, Wawasan Multikultural, Bangsa Indonesia secara keseluruhan juga telah menyepakati tentang adanya unity in diversity atau yang biasa kita kenal dengan Bhinneka Tunggal Ika Yang Berarti Walaupun Berbeda-Beda Namun Tetap Satu Jua. Hal tersebut juga tidak semudah yang diungkapkan, dengan keberadaan bangsa dengan perbedaanperbedaan baik dari sisi perbedaan agama, Etnis, Tradisi serta budaya yang telah diterapkan. Sehingga diduga salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk mencegah terjadinya konflik yang berbau SARA adalah internalisasi nilai–nilai agama yang berwawasan multikultural. Mengacu pada konteks penelitian yang ada, maka fokus dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana internalisasi nilai toleransi pada siswa Sekolah Dasar Kristen Aletheia Genteng? (2)Bagaimana internalisasi nilai perdamaian pada siswa Sekolah Dasar Kristen Aletheia Genteng? (3) Bagaimana internalisasi nilai kerjasama pada siswa Sekolah Dasar Kristen Aletheia Genteng? Penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan Studi fenomenologi. Untuk lokasi penelitian ini peneliti memilih Sekolah Dasar Kristen Aletheia Genteng Banyuwangi dengan . Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis penelitian ini menggunakan model interaktif miles dan huberman yang dilakukan melauli empat tahapan, yaitu: data collection, data condensation, data display, dan data verifiying. Hasil analisis menunjukkan bahwa internalisasi nilai toleransi, perdamaian dan kerjasama menggunakan 3 tahapan internalisasi nilai, diantaranya; (1) Internalisasi nilai toleransi pada tahap transformasi nilai berupa Pembelajaran pada mata pelajaran agama sesuai dengan agama masing-masing siswa, Internalisasi nilai toleransi pada tahap transaksi nilai berupa kegiatan ekstra kurikuler berupa kegiatan kepramukaan dan sopan santun kepada siapapun warga sekolah, Internalisasi nilai toleransi pada tahap transinternalisasi tentang kegiatan pembiasaan saling mengunjungi (silaturrahim) antar warga sekolah. (2) Internalisasi nilai perdamaian pada tahap transformasi nilai berupa penerapan 12 karakter unggulan yang dikenal dengan sebutan 10 K-BC, Internalisasi nilai perdamaian pada tahap transaksi nilai berupa berupa berkomunikasi dan bergaul antar sesama warga sekolah tanpa memandang adanya perbedaan, Internalisasi nilai toleransi pada tahap transinternalisasi yakni dengan membiasakan untuk saling bersalaman atau berjabat tangan. (3) Internalisasi nilai kerjasama pada tahap transformasi nilai berupa kegiatan kebiasaan gotong royong dan saling digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id bekerja sama dalam kegiatan rutin membersihkan ruang kelas, Internalisasi nilai kerjasama pada tahap transaksi nilai berupa adanya pembagian struktur kelas yang tidak membedakan etnis dalam menetukan struktur kelas dan juga berupa lewat kegiatan ektrakurikuler seperti pramuka, Internalisasi nilai kerjasama pada tahap transinternalisasi yakni pemberian tugas sekolah secara berkelompok secara merata tanpa melihat suku ataupun agama siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 01:07 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 01:07 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20297 |
Actions (login required)
View Item |