Manajemen Pembelajaran Al-Qur’an Metode Tilawati oleh Kepala Sekolah di SMP Al-Baitul Amien Jember

Daroini, As'ad (2018) Manajemen Pembelajaran Al-Qur’an Metode Tilawati oleh Kepala Sekolah di SMP Al-Baitul Amien Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
As’ad Daroini_0849115001.pdf

Download (14MB)

Abstract

Kata kunci: Manajemen Pembelajaran Al-Qur’an Metode Tilawati Proses pembelajaran pada setiap satuan pendidikan dasar dan menengah harus interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif. Penerapan Metode Tilawati dalam pembelajaran Al-Qur’an adalah memudahkan dan menjadikan peserta didik aktif dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Dan agar Pembelajaran dapat berjalan efektif dan efisien maka diperlukan manajemen yang baik oleh kepala sekolah. Dengan memberdayakan sumber daya manusia, dan sarana prasarana yang tersedia. Penelitian ini berjudul Manajemen Pembelajaran Al-Qur’an Metode Tilawati oleh kepala sekolah di SMP Al-baitul Amien Jember dan terfokus pada 3 hal yaitu: a) Bagaimanakah pemberdayaan siswa pada Pembelajaran Al-Qur’an Metode Tilawati di SMP Al-baitul amien Jember, b) Bagaimanakah pemberdayaan lingkungan dan iklim belajar pada Pembelajaran Al-Qur’an Metode Tilawati di SMP Al-baitul amien Jember, c) Bagaimanakah Evaluasi Pembelajaran Al-Qur’an Metode Tilawati di SMP Al-baitul amien Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, serta jenis penelitian berupa penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik Uji keabsahan data yang digunakan adalah perpanjangan keikutsertaan, triangulasi sumber, diskusi sejawat. Sementara itu, Data dianalisis dengan melakukan langkah-langkah ; (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) kesimpulan. Dari analisis data penelitian ini, proses Manajemen Pembelajaran Al-Qur’an Metode Tilawati oleh kepala sekolah di SMP Al-baitul Amien Jember, yang meliputi: pemberdayaan guru, pemberdayaan peserta didik, lingkungan dan iklim belajar, dan Evaluasi Pembelajaran pada Pembelajaran Al-Qur’an Metode Tilawati dilakukan oleh kepala sekolah dengan memperkuat pengaruh positif kepala sekolah sebagai Intructional Leader kepada Guru AlQur’an, Peserta didik, dan orang tua peserta didik dengan berbagai cara diantaranya dengan pendekatan personal, komunikasi intensif, dan mendukung tumbuhnya inovasi untuk mencapai totalitas manajemen leadership yang efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:29
Last Modified: 17 Mar 2023 01:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20398

Actions (login required)

View Item View Item