Strategi Pemasaran Pembiayaan Multijasa Umrah iB Maqbula dalam Upaya Meningkatkan Market Share di bank Jatim Syari’ah Cabang Jember

Jauzi, Muhammad (2017) Strategi Pemasaran Pembiayaan Multijasa Umrah iB Maqbula dalam Upaya Meningkatkan Market Share di bank Jatim Syari’ah Cabang Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Jauzi_0839134010.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi pemasaran, Pembiayaan Multijasa, Market Share Pembiayaan multijasa umrah iB Maqbula merupakan produk baru yang di keluarkan oleh Bank Jatim Syari’ah khususnya Cabang Jember pada tahun 2014. Minimnya minat nasabah dalam produk ini, strategi pemasaran merupakan pondasi sebuah perusahan dalam upaya menarik simpati masyarakat sehingga dapat meningkatkan market share. Metode penelitian dalam Tesis ini menggunakan metode kualitatif, Adapun fokus penelitian ini adalah: Pertama, Bagaimana Strategi Pemasaran Pemasaran Pembiayaan Multijasa Umroh iB Maqbula dalam upaya meningkatkan market share di Bank Jatim Syari’ah Cabang Jember? Kedua, Bagaimana Implementasi Pembiayaan Multijasa Umrah iB Maqbula di Bank Jatim Syari’ah Cabang Jember? Ketiga, Bagaimana peningkatan market share melalui strategi pemasaran pembiayaan multijasa umrah iB maqbula di Bank Jatim Syari’ah Cabang Jember? Hasil dalam penelitian ini adalah: (Pertama), Strategi yang di gunakan Bank Jatim Syariah Cabang Jember menggunakan strategi marketing mix dengan 4 komponen , 1.product (produk), 2.Price (harga), 3. palace (tempat) dan 4. Promotion (promosi)) (Kedua), implementasi pembiayaan multijasa umrah iB Maqbula yang ada di Bank Jatim Syari’ah Cabang Jember dalam mekanismenya sudah sesuai dengan Dewan Syari’ah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) dalam fatwanya No Fatwa DSN-MUI No. 44/DSN-MUI/ VIII/2004 tentang Pembiayaan Multijasa, dengan menggunakan akad ijarah yang sesuai dengan prinsip syariah dalam fatwa DSN-MUI No. 09/DSN-MUI/ IV/2000 tentang Pembiayaan Ijarah. (Ketiga), Peningkatan market share melalui strategi pemasaran pembiayaan multijasa umroh iB Maqbula di Bank Jatim Syariah Cabang Jember kurang memuaskan dalam memperoleh market Share dilihat dalam perolehan nasabah tahun 2014 mendapat 1 nasabah, 2015 mendapat 2 nasabah dan 2016 mendapatkan 2 nasabah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:50
Last Modified: 17 Mar 2023 01:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20450

Actions (login required)

View Item View Item