Analisis Strategi Pemasaran Produk Halal dalam Meningkatkan Market Share Studi Pada Produk Sarden CV. Pasific Harvest Banyuwangi.

Sopiyatun, Ms (2021) Analisis Strategi Pemasaran Produk Halal dalam Meningkatkan Market Share Studi Pada Produk Sarden CV. Pasific Harvest Banyuwangi. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Sopiyatun_0839219004.pdf

Download (13MB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Produk Halal, Market Share Pemasaran merupakan sesuatu yang sangat penting dalam dunia bisnis atau wirausaha entah itu bersekala kecil, menengah, ataupun yang bersekala besar. Marketing atau pemasaran itu merupakan kaki tangan perusahaan terdepan. Sebagai garda depan perusahaan dalam meraih profit, sudah tentu orang-orang yang berada dibagian ini haruslah memiliki kemampuan yang handal, aktif dan juga tidak mudah putus asa dalam setiap menghadapi persaingan usaha untuk merebut pangsa pasar dari bisnis yang menjadi andalannya. Dalam hal ini strategi pemasaran sangatlah penting untuk diterapkan di CV. Pasific Harvest untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan dari skala Nasional hingga berskala Internasional. Penelitian ini difokuskan pada; 1) Bagaimana strategi pemasaran produk halal di CV. Pasific Harvest Banyuwangi? 2) Bagaimana sistem penjaminan halal di CV. Pasific Harvest Banyuwangi? 3) Bagaimana implikasi strategi pemasaran produk halal dan sistem penjaminan halal dalam meningkatkan market share CV. Pasific Harvest Banyuwangi? Tujuan penelitian : 1) Untuk menganalisis dan mendiskripsikan strategi pemasaran produk halal di CV. Pasific Harvest Banyuwangi 2) Untuk menganalisis dan mendiskripsikan sistem penjaminan halal di CV. Pasific Harvest Banyuwangi 3) Untuk menganalisis dan mendiskripsikan implikasi strategi pemasaran produk halal dan sistem penjaminan halal dalam meningkatkan market share CV. Pasific Harvest Banyuwangi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian studi kasus, dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang mana peneliti ingin mengungkapkan realitas yang sesuai dengan kondisi dilapangan. Penelitian ini memiliki kesimpulan sebagai berikut: Pertama, strategi pemasaran produk halal di CV. Pasific Harvest dalam memasarkan produk halal tidak lepas dari hubungan dengan mitra bisnis, menggunakan media teknologi dan informasi sebagai sarana untuk memperluas pemasaran ke pasar global, selain itu CV. Pasific Harvest juga aktif dalam mengikuti pameran-pameran Trade Expo Indonesia. Kedua, Sistem penjaminan halal di CV. Pasific Harvest selain sertifikat halal, menerapkan sistem Hazard Analysis and Critical Control Point, Standart Operating Procedur, dan Good Manufacturing Practice dalam proses pengelolahan dan produksinya, guna meningkatkan kualitas produk mereka. Setiap tahap pengelolahan terdapat 2 karyawan dari devisi Quality Control yang mengawasi disetiap proses. Ketiga, Implikasi strategi pemasaran produk dan sistem penjaminan halal dalam meningkatkan market share, mempromosikan produk halal CV. Pasific Harvest menjadikan label halal sebagai sarana promosi, karena label halal dianggap mampu meningkatkan hasil penjualan khususnya masyarakat muslim.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:54
Last Modified: 17 Mar 2023 01:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20524

Actions (login required)

View Item View Item