Novita Sari, Diah (2023) Monitoring Dan Evaluasi Kompetensi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dasar Administrasi Pada Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam Tahun Angkatan 2019-2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.
Text
DIAH NOVITA SARI_T20193050.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya potensi mahasiswa MPI Angkatan 2019-2021 dalam mengolah TIK dasar Administrasi. Adapun potensi yang masih belum di kuasai oleh mahasiswa MPI yaitu dalam mengolah Microsoft word, Microsoft Excel dan Digitalisasi Administrasi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana Hasil Monitoring dan Evaluasi Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Dasar Administrasi pada Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam tahun angkatan 2019-2021?. 2) Bagaimana Dampak Monitoring dan Evaluasi Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Dasar Administrasi Pada Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam Tahun Angkatan 2019-2021?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk Mengidentifikasi Hasil Monitoring Dan Evaluasi Kompetensi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dasar Administrasi Pada Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam Tahun Angkatan 2019-2021. 2) Untuk Mendeskripsikan Dampak Monitoring Dan Evaluasi Kompetensi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dasar Administrasi Pada Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam Tahun Angkatan 2019-2021.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Populasi yang digunakan berjumlah 594 mahasiswa dari angkatan 2019-2021 dengan sampel yang dipilih 85 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan bantuan SPSS for windows version 22.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Hasil Monitoring dan evaluasi kompetensi TIK Dasar Administrasi pada mahasiswa MPI tahun angkatan 2019-2021 menunjukkan bahwa skor responden yang bernilai lebih besar dengan 60 (skor mean teoritik) dan nilai mean empiric lebih besar dari mean teoritik yaitu sebesar 67.6941. hal tersebut dapat disimpulkan bahwa sebagian besar pelaksanaan kompetensi TIK Dasar Administrasi pada mahasiswa MPI tahun angkatan 2019-2021 belum terlaksana sesuai dengan ketentuan visi dan misi yang berlaku. Ada beberapa faktor dominan yang menyebabkan hal tersebut antara lain kurangnya belajar komputer terutama pada Microsoft excel dalam menyusun administrasi sarana dan prasarana, dan kelengkapannya. 2) Dampak dari monitoring dan evaluasi kompetensi TIK Dasar Administrasi pada mahasiswa MPI tahun angkatan 2019-2021 bahwasannya mahasiswa menyadari pentingnya mempelajari TIK Dasar Administrasi dengan skor 88,2%. Dan setelah mengetahui nilai TIK dasar administrasi yang sudah diisi dalam tes yang di berikan oleh peneliti mahasiswa ingin merubah pola pikirnya dengan memperbaiki diri dengan kursus komputer dasar administrasi sesuai dengan jumlah perolehan skor 91,8%.
Kata Kunci: Kompetensi, TIK dasar Administrasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080607 Information Engineering and Theory 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080609 Information Systems Management 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080610 Information Systems Organisation 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080611 Information Systems Theory |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Diah Novita Sari |
Date Deposited: | 21 Mar 2023 02:28 |
Last Modified: | 21 Mar 2023 02:28 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20754 |
Actions (login required)
View Item |