Musdalifah, Lailatul (2017) Penanaman Nilai-nilai Agama Islam Melalui Pembiasaan dan Keteladanan di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Lailatul Musdalifah_084131325.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kata kunci: Penanaman, Nilai-nilai Agama Islam, Pembiasaan dan Keteladanan Berbagai problematika dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam, baik dari faktor internal seperti pembelajaran agama Islam yang hanya dilakukan dari segi pengajaran tanpa adanya pengaktualisasian materi. Dan faktor eksternal seperti menurunnya nilai moral peserta didik, budaya, perkembangan IPTEK yang begitu cepat, gaya hidup asing, dan pergaulan bebas yang sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan diri peserta didik. Sehingga perlu adanya penanaman nilai-nilai agama Islam guna membentengi diri dari pola hidup yang merugikan. Dalam hal ini, SMP Plus Darus Sholah Jember melakukan upaya kegiatan-kegiatan pembiasaan dan keteladanan dalam menanamkan nilai-nilai agama Islam kepada peserta didik dalam lingkungan sekolah. Fokus penelitian dalam skripsi ini sebagai berikut: 1) Bagaimana penanaman nilai-nilai akidah melalui pembiasaan dan keteladanan di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? 2) Bagaimana penanaman nilai-nilai ibadah melalui pembiasaan dan keteladanan di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? 3) Bagaimana penanaman nilai-nilai akhlak melalui pembiasaan dan keteladanan di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? Tujuan penelitian ini diantaranya: 1) Untuk mendeskripsikan penanaman nilai-nilai akidah melalui pembiasaan dan keteladanan di SMP Plus Darus Sholah Jember tahun pelajaran 2016/2017 2) Untuk mendeskripsikan penanaman nilainilai ibadah melalui pembiasaan dan keteladanan di SMP Plus Darus Sholah Jember tahun pelajaran 2016/2017 3) Untuk mendeskripsikan penanaman nilainilai akhlak melalui pembiasaan dan keteladanan di SMP Plus Darus Sholah Jember tahun pelajaran 2016/2017. Untuk mengidentifikadi permasalahan tersebut, pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Penentuan subyek penelitian menggunakan purposive sampling, teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan metode, serta analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan (verrification). Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut: 1) Penanaman nilai-nilai akidah melalui pembiasaan dan keteladanan terlihat dari adanya kegiatan membaca Al-Qur’an setiap pagi sebelum pelajaran, pembiasaan dzikir dan wirid setelah sholat bermjamaah, program kegiatan ziarah wali, kegiatan membaca shalawat Nabi yang terealisasi melalui keteladanan seorang guru. 2) Penanaman nilai-nilai ibadah melalui pembiasaan dan keteladanan terlihat dari adanya digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix kegiatan sholat wajib dan sunnah secara berjamah, dan pembiasaan melaksanakan puasa sunnah (bentuk pengamalan ibadah mahdhoh) dan kegiatan penyembelihan hewan qurban, shadaqah dan infak (bentuk pengamalan ibadah ghairu mahdhoh) 3) Penanaman nilai-nilai akhlak melalui pembiasaan dan keteladanan yaitu akhlak ketika dalam beribadah, sikap sopan santun (salam, senyum, sapa) serta bercium tangan terhadap orang yang lebih dewasa, saling menghormati terhadap teman sebaya, dan akhlak dalam menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 31 Mar 2023 06:28 |
Last Modified: | 31 Mar 2023 06:28 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21423 |
Actions (login required)
View Item |