Andriyanti, Lutfi (2019) Integrasi Kurikulum Kemenag Dan Kurikulum Pesantren Melalui Boarding School Di MAN 1 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
LUTFI ANDRIYANTI_084 143 105.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kata Kunci: Kurikulum Kemenag dan Kurikulum Pesantren, Boarding School. Kurikulum di MAN 1 Jember menggunakan kurikulum pesantren dan kurikulum kemenag. MAN 1 Jember memiliki program yang khusus dan unggulan yaitu MANPK, MAN IC, dan Keterampilan. Selain itu juga terdapat 2 lintas minat, lintas minat Bahasa Arab dan lintas minat Bahasa Inggris. Selain itu juga terdapat boarding school yang menunjang pembelajaran religi semakin efektif dan efisien. Di MANPK terdapat bakat minat khitobah 3 bahasa dan hafalan al-qur’an persyaratan untuk liburan semester. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana proses integrasi kurikulum kemenag dan kurikulum pesantren melalui boarding school di MAN 1 Jember? 2) Apa saja faktor yang mendukung dan menghambat integrasi kurikulum kemenag dan kurikulum pesantren melalui boarding school di MAN 1 Jember? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model Miles Huberman dengan langkahlangkahnya sebagai berikut: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil dari penelitian yaitu: 1) Perencanaan yang terdapat di MAN I Jember sudah dari pusat dan juga sudah terstruktur. Kurikulum yang digunakan di asrama sama dengan kurikulum yang ada di MAN hanya saja keagamaannya lebih mendalam. Pengorganisasian di Man 1 Jember sudah dari pusat, di MAN 1 Jember hanya bermain di lintas minatnya menentukan pelajarannya sendiri. Untuk pelaksanaan kurikulumnya pun di MAN 1 Jember berjalan dengan utuh dan menggunakan program-program kurikulum mulai dari prota, promes, bulanan, mingguan dan harian. Dalam pengevaluasian di MAN 1 Jember ini dari segi siswasiswinya mulai dari penilaian harian, penilaian sekolah, dan penilaian negara yaitu UN. Dan untuk penialian guru dilakukan setiap tahun yaitu dengan. Penilaian Kinerja Guru (PKG). Dan untuk pengevaluasian di asrama diadakanya ulangan persemester, penilaiannya tersendiri tetapi masih mengikuti alur yang ada di MAN 1 Jember. Jadi tiap semester para siswa-siswi di asrama juga menerima rapot. Ujian di asrama tidak harus tertulis tergantung dari materi yang diingankan. 2) Yang menjadi factor pendukung kurikulum di MAN 1 Jember sarana prasarana yang ditingkatkan dan meningkatkan kinerja guru. Prestasi yang di peroleh siswa asrama: menjadi peserta AKSI 2019, juara 1 lomba qiroatil akbar sejatim, final tahfid, juara 3 qiroatil kutub, juara 1 debat ekonomi Islam di UNMUH. Dan factor penghambat terdapat di lintas minat siswa, guru menampilkan deskripsi di masingmasing rapot siswa, penggunaan aplikasi, perbandingan biaya guru asrama yang tinggi, mencari calon peserta didik yang bersungguh-sungguh susah, dan biaya hidup para siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 06 Apr 2023 08:28 |
Last Modified: | 06 Apr 2023 08:28 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21906 |
Actions (login required)
View Item |