Farichah, Umi and Khusnah, Laila and Nasution, Nanda Eska Anugrah Pelatihan Pembuatan Nutrisi Media Tanam Hidroponik Untuk Mewujudkan Masyarakat Mandiri Dalam Memenuhi Ketahanan Pangan Keluarga. [Laporan Pengabdian Masyarakat] (Unpublished)
Text
Laporan Pengabdian Afirmatif T.Bio 2021_001 5 des 21.pdf Download (1MB) |
Abstract
Bercocok tanamam secara hidroponik sangat dikenal oleh masyarakat saat ini.
Penanaman secara hidroponik dapat dilakukan pada lahan sempit maupun lahan tidak
subur. Namun masyarakat beranggapan bahwa nutrisi media tanam hidroponik mahal dan
sulit untuk diproduksi secara mandiri. Selain itu, mereka juga belum mengetahui bahwa kelor dan leri dapat dimanfaatkan sebagai nutrisi media tanam hidroponik. Sehinga perlu adanya pelatihan pembuatan nutrisi hidroponik. Pengabdian ini dilakukan dengan metode PAR yang bertujuan untuk 1). Memberikan pengetahuan dan wawasan terkait pentingnya ketahanan pangan keluarga, 2.) Memberikan pengetahuan dan wawasan terkait manfaat tanaman kelor dan leri, 3). Membimbing warga dalam memproduksi nutrisi media tanam hidroponik. Kesimpulan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini antara lain: 1) Daun kelor dan leri dapat dimanfaatkan sebagai suplemen untuk nutrisi tanam teknik penananam hidroponik. Proses yang dilakukan guna menghasilkan suplemen ini dijelaskan melalui ekstraksi, pencampuran, dan pemendaman. 2) Peserta pelatihan memberikan respon yang positif terhadap pelatihan yang diberikan dilihat dari rata-rata jawaban pada angket respon yang diisi peserta pelatihan setelah pelatihan dilaksanakan.
Item Type: | Laporan Pengabdian Masyarakat |
---|---|
Subjects: | 07 AGRICULTURAL AND VETERINARY SCIENCES > 0701 Agriculture, Land and Farm Management > 070106 Farm Management, Rural Management and Agribusiness |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Laila Khusnah |
Date Deposited: | 12 Apr 2023 22:22 |
Last Modified: | 13 Apr 2023 01:47 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22394 |
Actions (login required)
View Item |