STRATEGI PENYESUAIAN HARGA TERHADAP KUALITAS PRODUK YANG DITAWARKAN DI PASAR DESA BADEAN KECAMATAN BANGSALSARI KABUPATEN JEMBER PERSEPSI ETIKA BISNIS ISLAM

USWATUN HASANAH, 083 122 056 (2016) STRATEGI PENYESUAIAN HARGA TERHADAP KUALITAS PRODUK YANG DITAWARKAN DI PASAR DESA BADEAN KECAMATAN BANGSALSARI KABUPATEN JEMBER PERSEPSI ETIKA BISNIS ISLAM. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (727kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (878kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (906kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (579kB) | Preview

Abstract

Uswatun Hasanah, 2016: Strategi Penyesuaian Harga Terhadap Kualitas
Produk yang Ditawarkan di Pasar Desa Badean Kecamatan Bangsalsari
Kabupaten Jember Persepsi Etika Bisnis Islam.

Strategi harga dan kualitas digunakan sebagai strategi menghadapi pesaing
dalam pasar. Keseimbangan akan terjadi bila harga dan kualitas sama dan sesuai
dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam agar tidak ada pihak yang dirugikan.
Oleh karena itu, mekanisme pasar harus diciptakan sedemikian rupa agar tidak
menimbulkan malapetaka.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka fokus penelitian dalam penelitian
ini adalah bagaimana strategi penyesuaian harga terhadap kualitas produk yang
ditawarkan di pasar Desa Badean Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember?;
Bagaimana strategi penyesuaian harga terhadap kualitas produk yang ditawarkan
di pasar Desa Badean Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember yang sesuai
dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam?; Bagaimana strategi penyesuaian harga
terhadap kualitas produk yang ditawarkan di pasar Desa Badean Kecamatan
Bangsalsari Kabupaten Jember yang tidak sesuai dengan prinsip-prinsip etika
bisnis Islam?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi penyesuaian
harga terhadap kualitas produk yang ditawarkan di pasar Desa Badean Kecamatan
Bangsalsari Kabupaten Jember, untuk mendeskripsikan strategi penyesuaian harga
terhadap kualitas produk yang ditawarkan di pasar Desa Badean Kecamatan
Bangsalsari Kabupaten Jember yang sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis
Islam, untuk mendeskripsikan strategi penyesuaian harga terhadap kualitas produk
yang ditawarkan di pasar Desa Badean Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember
yang tidak sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Dan untuk lokasi penelitiannya di pasar Desa Badean Kecamatan Bangsalsari
Kabupaten Jember. Subjek penelitian ini adalah subjek primer dan subjek
sekunder. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Keabsaan data
menggunakan triangulasi sumber.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi yang digunakan
oleh penjual di pasar Desa Badean Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember
bermacam-macam, antara lain: strategi hidup bersama dalam pasar yang sama
berdasarkan kelompok mutu dan harga, strategi memperbaiki dan meningkatkan,
dan strategi yang merugikan. Strategi yang digunakannyapun telah sesuai dengan
prinsip-prinsip etika bisnis Islam walaupun ada beberapa penjual yang masih
melakukan pelanggaran tidak etis dengan menggunakan strategi merugikan

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined])
Uncontrolled Keywords: STRATEGI PENYESUAIAN HARGA
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Masrur Rizqon
Date Deposited: 13 Nov 2017 01:37
Last Modified: 13 Nov 2017 01:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/231

Actions (login required)

View Item View Item