Analisis SPACE Pada Strategi Pemasaran Tabungan Faedah iB BRISyariah di BRISyariah Kantor Cabang Banyuwangi.

L ayinah, Inke (2020) Analisis SPACE Pada Strategi Pemasaran Tabungan Faedah iB BRISyariah di BRISyariah Kantor Cabang Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Inke Layinah_E20161105.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pemasaran produk perbankan pada saat ini, strategi pemasaran yang sangat tepat diperlukan oleh lembaga keuangan. Terutama dalam memasarkan produk Tabungan Faedah iB BRISyariah yang bisa dikatakan masih produk baru, namun sudah banyak peminatnya. Adanya pemilihan strategi yang tepat dibutuhkan dalam memasarkan sebuah produk untuk mencapai ekspektasi yang diinginkan perusahaan. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana posisi Tabungan Faedah iB berdasarkan teori analisis SPACE pada BRISyariah Kantor Cabang Banyuwangi ?. 2) Bagaimana strategi yang dilakukan BRISyariah Kantor Cabang Banyuwangi dalam memasarkan Tabungan Faedah BRISyariah iB pada segmen pasar yang terbentu ?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui posisi Tabungan Faedah iB BRISyariah berdasarkan teori analisis SPACE pada BRISyariah Kantor Cabang Banyuwangi. 2) Untuk mengetahui strategi yang dilakukan BRISyariah Kantor Cabang Banyuwangi dalam memasarkan Tabungan Faedah iB BRISyariah pada segmen pasar yang terbentuk. Penelitian ini merupakan penelitian field research dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif karena peneliti bermaksud untuk membuat deskriptif mengenai kejadian-kejadian yang terdapat selama penelitian. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini bahwa: 1) Analisis SPACE posisi BRISyariah berada pada kuadran agresif yang selaras dengan salah satu strategi pemasaran yaitu strategi ekspansi. Menurut Fred R David yang bukunya yang berjudul Manajemen Strategis, ketika suatu perusahaan berada pada kuadran agresif, maka strategi yang harus dilakukan yaitu dengan melakukan usaha, pertama: integrasi kebelakang, integrasi kedepan, kedua: penetrasi pasar, ketiga: pengembangan pasar, keempat: pengembangan produk. 2) Strategi pemasaran yang dilakukan BRISyariah Kantor Cabang Banyuwangi dengan pemasaran langsung dan tidak langsung. Dari hasil pemaparan diatas dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: strategi pemasaran langsung meliputi, pertama: Cash Pick Up (strategi jemput bola), kedua: Maintenance, ketiga: Door to door, keempat: pelayanan prima dari front liner dan bagian marketing. Strategi pemasaran tidak langsung meliputi, pertama: penyediaan brosur, kedua: iklan, ketiga: getok tular (dari mulut ke mulut). Kata kunci: Analisis SPACE, Strategi Pemasaran Tabungan Faedah iB BRISyariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 08 May 2023 20:55
Last Modified: 08 May 2023 20:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23190

Actions (login required)

View Item View Item