ANALISIS DAMPAK FINANCIAL TECHNOLOGY BAGI BISNIS UMKM DI KABUPATEN BONDOWOSO

Susono, Adi (2023) ANALISIS DAMPAK FINANCIAL TECHNOLOGY BAGI BISNIS UMKM DI KABUPATEN BONDOWOSO. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ADI SUSONO.pdf

Download (5MB)

Abstract

Adi Susono, Dr. Munir Is’Adi, S.E. 2023: Analisis Dampak Financial Technology
Bagi Bisnis Umkm Di kabupaten Bondowoso.
Kata Kunci: Financial Technology, Fintech, UMKM, Dampak,.
Perkembangan Fintech menimbulkan Creative disruption untuk masyarakat
Indonesia yang belum siap menerima perubahan dalam aktivitas ekonomi. Disisi
lain, fintech memberikan peluang baru bagi ekonomi untuk meningkatkan
aktivitas perekonomiannya secara lebih efisien dan efektif. Dengan adanya
regulasi yang mantang mendorong UMKM untuk mengembangkan usahanya
dengan melakukan peminjaman transaksi yang mudah melalui Fintech.
Fokus penelitian yang diteliti diantaranya: 1)Bagaimana penggunaan
financial technology ini pada Pangsa pasar Bisnis UMKM di Kabupaten
Bondowoso?, 2)Bagaimana dampak yang diberikan oleh adanya Penggunaan
Financial Technology pada pangsa pasar bisnis UMKM di Kabupaten
Bondowoso?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dilakukan dengan observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penggunaan fintech yang
mayoritas digunakan pada UMKM bondowoso adalah dalam bentuk digital
payment atau metode pembayaran online. penggunaannya yang mudah dan
praktis, dengan menggunakan fintech pelaku UMKM mengaku bahwasannya
kegiatan transaksi menjadi sangat efisien dan bisa dilakukan di mana dan kapan
saja. Hanya saja, penggunaan fintech pada bisnis UMKM di Kabupaten
bondowoso masih minim pengetahuan mengenai fintech secara meluas.
Pemahaman mereka mengenai fintech hanya pada sector pembayaran digital saja.
Hal ini dikarenakan kurangnya sosialiasi pihak terkait perihal pemanfaatan fintech
dalam dunia UMKM sebab kurangnya Sumber Daya Manusia, alhasil UMKM
yang ada hanya fokus memanfaatkan fintech dalam sector pembayaran digital
seperti Ovo, Qris, Dana, Gopay, Shopeepay, M-Banking.
pemanfaatan fintech pada usaha mereka memberikan dampak pada usaha
mereka dalam kesempatan untuk melebarkan jangkauan pasar, karena proses
transaksi yang bisa dilakukan dimana saja dan dalam jangkauan yang jauh sekali
pun. Hal ini pun memberikan dampak kompetitor dengan jenis produk yang sama
menjadi lebih banyak dari sebelumnya. Maka pelaku UMKM harus terus
berinovasi dan mengembangkan teknik marketing mereka terhadap produk yang
mereka jual agar tidak tergeser dari pasar. Tak jarang juga bisnis UMKM baru
bermunculan karena terinspirasi dari produk yang kita jual. Maka dari itu pelaku
UMKM itu sendiri harusnya lebih siap dalam menjalankan usaha yang mereka
jalani.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mr Adi Susono
Date Deposited: 11 May 2023 08:51
Last Modified: 11 May 2023 08:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23438

Actions (login required)

View Item View Item