Tyas, Sinta Ayuning (2020) Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Omset Penjualan melalui Pendekatan Religius Pada Seblak Abah Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Sinta Ayuning Tyas_E20162028.pdf Download (5MB) |
Abstract
Pemasaran merupakan suatu hal yang sangat penting dalam dunia bisnis. Konsep pemasaran merupakan kunci pencapaian tujuan organisasi yang ditekankan dengan orientasi manajemen terdiri dari kemampuan perusahaan menentukan dan memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar yang dituju (sasaran) dengan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien dari para pesaing. Strategi pendekatan religius sangat jarang dilakukan, namun pada kondisi seblak di Jember, pendekatan religius dipilih untuk dilakukan. Hal ini menarik untuk dilakukan sebuah penelitian. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatan omset penjualan melalui pendekatan religius pada Seblak Abah Jember. (2) Apa yang menjadi kendala dalam meningkatan omset penjualan melalui pendekatan religius pada Seblak Abah Jember. (3) Bagaimana solusi mengatasi kendala dalam meningkatan omset penjualan melalui pendekatan religius pada Seblak Abah Jember. Penelitian ini bertujuaan untuk: (1) Untuk mengetahui strategi pemasaran dalam meningkatan omset penjualan melalui pendekatan religius pada Seblak Abah Jember. (2) Untuk mengetahui yang menjadi kendala dalam meningkatan omset penjualan melalui pendekatan religius pada Seblak Abah Jember. (3) Untuk mengetahui solusi mengatasi kendala dalam meningkatan omset penjualan melalui pendekatan religius pada Seblak Abah Jember. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan penelitian lapangan (field research). Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive dan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dalam menjalankan usahanya, Seblak Abah sudah menerapkan bauran pemasaran 4P yaitu produk (product), harga (price), tempat (place), dan promosi (promotion). 1. Stretegi Produk, Seblak Abah jelas kehalalan nya, dengan bahan baku yang halal, tidak menjual makanan yang mengandung unsur haram, sesuai takaran, serta proses pembuatan yang aman untuk dikonsumsi. 2. Strategi harga, cukup terjangkau dan memperhatikan kualitas produk yang paling baik 3. Strategi distribusi/tempat, Seblak Abah cukup strategis dan mudah di jangkau 4. Strategi promosi, yang digunakan Seblak Abah berupa ofline dan online. Dalam promosinya juga benar-benar mempertanggung jawabkan pemilihan kata karena tidak ingin menipu. (2). Kendala dalam meningkatkan omset penjualan melalui pendekatan religius adalah terjadi miss komunikasi dalam promosi dan pelanggan yang merasa malu untuk memanfaatkan promo tersebut. Sehingga tidak terserapnya promosi itu sendiri. (3) solusinya yaitu: dengan membuat give away berupa Mushaf Al-Qur’an untuk menarik pelanggan dengan syarat istiqomah Jumat Berkah 3x. Kata kunci: Strategi Pemasaran, Omset Penjualan, Pendekatan Religius
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 29 May 2023 05:07 |
Last Modified: | 29 May 2023 05:07 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23876 |
Actions (login required)
View Item |