Pemberdayaan Santri Melalui Program Pengelolaan Sampah Di Pondok Pesantren Matholi'ul Anwar Simo Sungelebak Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan

Andrianto, Moch. Ade Ilham (2023) Pemberdayaan Santri Melalui Program Pengelolaan Sampah Di Pondok Pesantren Matholi'ul Anwar Simo Sungelebak Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moch Ade Ilham Andrianto_D20192043. pdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Moch Ade Ilham Andrianto 2023: Pemberdayaan Santri Melalui Pengelolaan Sampah Di Pondok Pesantren Matholi'ul Anwar Simo Sungelebak Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan

Kata Kunci :Pemberdayaan, Santri, Pondok Pesantren, Pengelolaan Sampah

Problem sampah menjadi momok bagi masyarakat, terutama di lingkup pondok pesantren. Sebab kurangnya kesadaran dari santri akan pentingnya pengolaan sampah. Akan tetapi pondok pesantren memiliki upaya dalam penanggulangan sampah.Yaitu melalui upaya pemberdayaan santri melalui pengolaan sampah.Para santri diajarkan tentang pengolaan sampah serta pemanfaatan sampah yang berada di lingkungan pesantren.Oleh karena itu peneliti ingin meneliti tentang Pemberdayaan santri melalui pengelolaan sampah yang ada di Pondok Pesantren Matholi’ul Anwar Simo Sungelebak Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan.
Fokus penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu: 1). Bagaimana pemberdayaan santri melalui pengelolaan sampah di Pondok Pesantren Matholi'ul Anwar? 2). Bagaimana proses pengelolaan sampah di Pondok Pesantren Matholi'ul Anwar? Penelitian ini bertujuan 1). Untuk mengetahui pemberdayaan santri melalui pengelolaan sampah di Pondok Pesantren Matholi'ul Anwar. 2). Untuk mengetahui proses pengelolaan sampah di Pondok Pesantren Matholi'ul Anwar.
Penelitian menggunakan penelitian kualitatif (deskriptif).Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dokumentasi.Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangluasi waktu, triangulasi teknik dengan menggunakan analisis Sugiyono.Hasil penelitian yang diperoleh penulis adalah pemberdayaan santri melalui program pengelolaan sampah di Pondok Pesantren Matholi’ul Anwar Simo Sungelebak Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan memiliki beberapa tahapan yakni tahap persiapan, tahap pengkajian, tahap perencanaan, tahap pemformanlisasi aksi, tahap implementasi, tahap evaluasi, tahap terminasi. Dalam pengelolaan sampah terdapat beberapa cara yakni dengan pemilahan, pemanfaatan sampah organik yakni dapat dimanfaatkan menjadi organik yang dapat dimakan hewan yaitu pakan ikan dan bebek, serta organik yangtidak dapat dimakan hewan yaitu berupa pupuk organik , pemanfaatan limbah anorganik dengan dibakar dan diambil abu untuk pemanfaatan pengurugan lahan yang datar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160802 Environmental Sociology
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mr Moch Ade Ilham Andrianto
Date Deposited: 12 Jun 2023 06:50
Last Modified: 12 Jun 2023 06:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24116

Actions (login required)

View Item View Item