STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK KUE LADRANG RINO DI DESA KRANJINGAN KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER

Aprina, Ela (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK KUE LADRANG RINO DI DESA KRANJINGAN KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ELA APRINA NIM E20192068.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ela Aprina, Dr. Nurul Widyawati Islami Rahayu, S.Sos.,M.Si. 2023 : Strategi
Pengembangan Produk Kue Ladrang Rino di Desa Kranjingan Kecamatan
Sumbersari Kabupaten Jember.
Strategi pengembangan produk merupakan suatu strategi untuk
pengembangan dari produk orisinil, peningkatan produk, dan merk baru. Produk
harus diciptakan agar memperhatikan penjualan agar terus meningkat yaitu
dengan menambah produk baru atau mengembangkan produk yang sudah lama.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1)Bagaimana Strategi
Pengembangan Produk Kue Ladarang Rino di Desa Kranjingan Kecamatan
Sumbersari Kabupaten Jember? 2)Apa saja Kendala Strategi Pengembangan
Produk Kue Ladarang Rino di Desa Kranjingan Kecamatan Sumbersari
Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui Strategi Pengembangan
Produk Kue Ladarang Rino di Desa Kranjingan Kecamatan Sumbersari
Kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahui Kendala Strategi Pengembangan Produk
Kue Ladarang Rino di Desa Kranjingan Kecamatan Sumbersari Kabupaten
Jember.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, jenis deskriptif. Lokasi
penelitian dilakukan di Desa Kranjingan,Sumbersari, Jember. Penentuan informan
menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan
reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Strategi pengembangan home
industry produk Kue Ladrang Rino dipengaruhi oleh faktor penjual merintis usaha
dengan mencari pelanggan, penambahan jumlah karyawan, penjual dengan sistem
offline, dibutuhkan dana atau modal dobel, memperbaiki produk yang telah ada,
menambahkan variasi model pada produk lama. 2) Kendala strategi
pengembangan produk pada home industry Kue Ladrang Rino ada 2 yaitu masalah
internal dan eksternal. Internal meliputi melonjaknya harga bahan baku tepung
terigu, kelangkaan pasokan minyak goreng, kegiatan operasional yang tidak
terstruktur. Eksternal: toko warung tidak jujur, cuaca saat penjualan produk Kue
Ladrang Rino
Kata kunci : strategi pengembangan produk, kendala, home industry

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2202 History and Philosophy of Specific Fields > 220202 History and Philosophy of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Ela Aprina
Date Deposited: 16 Jun 2023 08:45
Last Modified: 16 Jun 2023 08:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24265

Actions (login required)

View Item View Item