Monica, Ocy (2023) Pengaruh Penggunaan Internet dan Manajemen Waktu Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Ocy Monica_T20198095.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kata Kunci: Penggunaan Internet, Manajemen Waktu Belajar, Hasil Belajar
Kemajuan teknologi dan pengetahuan buatan manusia dengan segala kecanggihan yang dipunyai yaitu Internet. Pendidikan tidak lepas dari penggunaan internet sebagai fasilitator dalam pelaksanaan proses belajar mengajar. Keberhasilan suatu pendidikan dapat diketahui dari hasil belajar dengan mengukur aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal siswa memerlukan manajemen waktu belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Mendeskripsikan penggunaan internet siswa kelas X di SMA Negeri 1 Umbulsari Jember tahun pelajaran 2022/2023. 2) Mendeskripsikan manajemen waktu belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Umbulsari Jember tahun pelajaran 2022/2023. 3) Mengetahui pengaruh penggunaan internet terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Umbulsari Jember tahun pelajaran 2022/2023. 4) Mengetahui pengaruh manajemen waktu belajar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Umbulsari Jember tahun pelajaran 2022/2023. 5) Mengetahui pengaruh penggunaan internet dan manajemen waktu belajar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Umbulsari Jember tahun pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Ex Post Facto yang dilakukan di SMA Negeri 1 Umbulsari Jember. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Populasi peneliti seluruh siswa kelas X yang berjumlah 286. Teknik sampling menggunakan jenis Simple Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 167 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penggunaan internet siswa kelas X di SMA Negeri 1 Umbulsari Jember dengan kategori sangat tinggi 1%, kategori sedang 47%, kategori rendah 47% dan kategori rendah sekali 5%. 2) Manajemen waktu belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Umbulsari Jember dengan kategori sangat tinggi sebesar 20%, kategori sedang 53%, kategori rendah 26%, kategori rendah sekali 1%. 3) Hasil belajar biologi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Umbulsari Jember yang diperoleh dari nilai Penilaian Tengah Semester Genap dengan kategori sangat baik 35%, kategori baik 62%, kategori cukup 2%, dan kategori kurang 1%. 4) Terdapat pengaruh penggunaan internet dan manajemen waktu belajar secara individu terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Umbulsari Jember, dibuktikan dari uji t pada variabel penggunaan internet nilai thitung 2,143 > ttabel 1,65, dan taraf signifikansi 0,034 < 0,05. Pada variabel manajemen waktu belajar nilai thitung 2,706 > ttabel 1,65 dan nilai signifikansi 0,008 < 0,05. 5) Terdapat pengaruh penggunaan internet dan manajemen waktu belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Umbulsari Jember, dibuktikan uji F nilai sig 0,011 < 0,05 dan nilai Fhitung sebesar 4,682 > Ftabel 3,93
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170101 Biological Psychology (Neuropsychology, Psychopharmacology, Physiological Psychology) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Miss Ocy Monica |
Date Deposited: | 20 Jun 2023 08:02 |
Last Modified: | 20 Jun 2023 08:02 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24355 |
Actions (login required)
View Item |