Perubahan pola konsumsi masyarakat pasca berdirinya pasar sore di desa dawuhan mangli sukowono

Hamniatur Rohmah, Sulis (2023) Perubahan pola konsumsi masyarakat pasca berdirinya pasar sore di desa dawuhan mangli sukowono. Undergraduate thesis, UIN KH Ahcmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sulis Hamniatur R, E20172086, Ekonomi Syariah.pdf

Download (16MB)

Abstract

Sulis Hamniatur Rohmah, 2022. Perubahan Pola Konsumsi Masyarakat Pasca Berdirinya Pasar Sore Di Desa Dawuhan Mangli Sukowono, Pembimbing: Muhammad Saiful Anam, M. Ag.Kata Kunci: Pola Konsumsi, Masyarakat, Pasar, Dawuhanmangli Sukowono.Perilaku konsumsi merupakan sesuatu yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan dalam pembelian. Setiap konsumen memiliki karakter berbelanja per-individunya hal tersebut bisa disebut juga dengan perilaku konsumsi. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi perilaku konsumsi, salah satunya adalah faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis.Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pola konsumsi masyarakat sebelum berdirinya pasar sore di Desa Dawuhan Mangli Sukowono?, 2) Bagaimana pola konsumsi masyarakat pasca berdirinya pasar sore di Desa Dawuhan Mangli Sukowono?, 3) Apa saja faktor-faktor penyebab perubahan pola konsumsi pasca berdirinya pasar sore di Desa Dawuhan Mangli Sukowono? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan pola konsumsi masyarakat sebelum berdirinya pasar sore di Desa Dawuhan Mangli Sukowono, 2) Mendeskripsikan pola konsumsi masyarakat pasca berdirinya pasar sore di Desa Dawuhan Mangli Sukowono, 3) Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab perubahan pola konsumsi pasca berdirinya pasar sore di Desa Dawuhan Mangli Sukowono. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara tidak terstruktur, observasi partisipasi pasif dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, pengumpulan data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, dan triangulasi teknik.Hasil penelitian ini yaitu: 1) Pola konsumsi masyarakat sebelum berdirinya pasar sore terbatas dikarenakan lokasi ke pasar lumayan jauh. 2) Pola konsumsi masyarakat setelah berdirinya pasar sore yaitu menjadikan masyarakat Dawuhan Mangli lebih konsumtif. Adanya pasar sore di Dawuhan Mangli sangat memudahkan masyarakat untuk berbelanja dengan beberapa alasan, seperti letak geografis, akomodasi dan harga yang murah. selain itu segala kebutuhan lengkap tanpa harus pergi ke toko lain lagi untuk membeli kebutuhan lainnya, tinggal datang ke pasar sore Desa Dawuhan Mangli, 3) Faktor yang menyebabkan perubahan pola konsumsi masyarakat Desa Dawuhan Mangli pasca berdirinya pasar sore adalah 1) faktor sosial yaitu terkait keadaan ekonomi. 2) faktor psikologis yaitu setiap orang akan mendahulukan kebutuhan pokok dari pada kebutuhan lainnya yang kurang menjadi prioritas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs Sulis Hamniatur Rohmah
Date Deposited: 21 Jun 2023 08:27
Last Modified: 21 Jun 2023 08:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24392

Actions (login required)

View Item View Item