Fatika, Devinna (2023) BIMBINGAN SUSUN KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMBENDAHARAAN KATA ANAK TUNARUNGU KELAS V SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.
Text
Devinna Fatika Sari_D20193001.pdf Download (4MB) |
Abstract
Devinna Fatika Sari, 2023: Bimbingan Susun Kata Untuk Meningkatkan
Kemampuan Pembendaharaan Kata Anak Tunarungu Kelas V Sekolah
Luar Biasa Negeri Jember.
Kata Kunci: Bimbingan, Susun Kata, Pembendaharaan Kata, Anak Tunarungu
Bimbingan menggunakan media susun kata ditunjukkan kepada anak
tunarungu dalam meningkatkan pembendaharaan kata. Diketahui anak tunarungu
memiliki hambatan dalam berbicara sehingga bahasa yang dimilikinya sangat
terbatas. Bimbingan melalui media susun kata adalah cara seorang pengajar untuk
mengajarkan siswanya dengan sebuah media yaitu menyusun kata per suku kata,
sehingga membentuk kata yang bermakna.
Fokus penelitian: 1) Bagaimana perencanaan bimbingan susun kata untuk
anak tunarungu kelas V hambatan pendengaran di Sekolah Luar Biasa Negeri
Jember? 2) Pelaksanaan bimbingan susun kata untuk anak tunarungu kelas V
hambatan pendengaran di Sekolah Luar Biasa Negeri Jember? 3) Hasil yang
diperoleh anak tunarungu dalam meningkatkan pembendaharaan kata melalui
media susun kata?
Tujuan penelitian: 1) Untuk mengetahui perencanaan bimbingan susun
kata untuk anak tunarungu kelas V hambatan pendengaran di Sekolah Luar Biasa
Negeri Jember. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan susun kata untuk
anak tunarungu kelas V hambatan pendengaran di Sekolah Luar Biasa Negeri
Jember. 3) Untuk mengetahui hasil yang diperoleh anak tunarungu dalam
meningkatkan pembendaharaan kata melalui media susun kata
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara
semiterstruktur, dan dokumentasi. Analisis data dengan pengumpulan data,
kondensasi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data
menggunakan triangulasi teknik.
Hasil penelitian: 1) Media susun kata dapat digunakan dalam
meningkatkan pembendaharaan kata anak tunarungu dengan langkah-langkah
perencanaan bimbingan yaitu: a)identifikasi kebutuhan dan karakteristik anak
tunarungu, b)perumusan tujuan, c)perumusan materi, d)pengembangan alat
pengukur keberhasilan, e)menulis naskah media, f)mengadaan tes atau uji coba
revisi. 2) Pelaksanaan bimbingan menunjukkan anak tunarungu kelas V hambatan
pendengaran dapat mengikuti pelaksanaan bimbingan dengan baik melalui
tahapan guru menjelaskan materi bimbingan, membagikan media susun kata,
membahas soal, membatu menjelaskan cara mengerjakan, dan evaluasi. 3) Hasil
yang diperoleh adalah anak tunarungu kelas V hambatan pendengaran memiliki
pembendaharaan kata baru, anak tunarungu mengikuti bimbingan dengan aktif,
media susun kata dapat membantu belajar anak tunarungu, media bimbingan
susun kata dapat memotivasi anak tunarungu. Namun dalam mengembangkan
imajinasi anak tunarungu kelas V hambatan pendengaran belum berkembang
dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | Ms Devinna Fatika |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 07:29 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 07:29 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25265 |
Actions (login required)
View Item |