Pengaruh Aktivitas Boarding School (Pondok Pesantren) Terhadap Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas X di SMA Plus Al-Azhar Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Julia Angga Rista, Silfi (2023) Pengaruh Aktivitas Boarding School (Pondok Pesantren) Terhadap Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas X di SMA Plus Al-Azhar Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Silfi Julia Angga Rista T20198013 - Skripsi.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pesantren merupakan lembaga pendidikan dan lembaga sosial dalam menyiarkan agama Islam. Adanya pendidikan pesantren yang telah menerapkan sistem boarding school dapat diterapkannya pengawasan dan penegakan kedisiplinan bagi santri dalam aktivitas kesehariannya. Aktivitas merupakan beberapa kegiatan yang sering disebut dengan jadwal kegiatan yang berlaku di pondok pesantren. Jadi aktivitas boarding school (pondok pesantren) merupakan kegiatan keseharian yang dilakukan siswa selama tinggal dan menempuh pendidikan di pondok pesantren Al-Azhar Jember.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana aktivitas boarding school (pondok pesantren) siswa kelas X di SMA Plus Al-Azhar Jember Tahun Pelajaran 2022/2023?, (2) Bagaimana prestasi belajar biologi siswa kelas X di SMA Plus Al-Azhar Jember Tahun Pelajaran 2022/2023?, (3) Adakah pengaruh yang signifikan aktivitas boarding school (pondok pesantren) terhadap prestasi belajar biologi siswa kelas X di SMA Plus Al-Azhar Jember Tahun Pelajaran 2022/2023?. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan aktivitas boarding school (pondok pesantren) siswa kelas X di SMA Plus Al-Azhar Jember Tahun Pelajaran 2022/2023, (2) Mendeskripsikan prestasi belajar biologi siswa kelas X di SMA Plus Al-Azhar Jember Tahun Pelajaran 2022/2023, (3) Mengetahui pengaruh yang signifikan aktivitas boarding school (pondok pesantren) terhadap prestasi belajar biologi siswa kelas X di SMA Plus Al-Azhar Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal, instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner (angket) dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas X SMA Plus Al-Azhar Jember tahun pelajaran 2022/2023 dengan menggunakan teknik total sampling, sehingga populasinya berjumlah 81 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis regresi linier sederhana.
Adapun hasil penelitian menyatakan bahwa (1) Aktivitas boarding school (pondok pesantren) siswa kelas X di SMA Plus Al-Azhar Jember dinyatakan memiliki rata-rata berkategori “tinggi,” (2) Prestasi belajar Biologi siswa kelas X di SMA Plus Al-Azhar Jember dinyatakan memiliki rata-rata berkategori “baik,” (3) Aktivitas boarding school (pondok pesantren) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar Biologi siswa kelas X di SMA Plus Al-Azhar Jember tahun pelajaran 2022/2023, karena diperoleh nilai thitung (5,308) > ttabel (1,99045) dan nilai signifikansi (0,000) < (0,05), maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya aktivitas boarding school (pondok pesantren) mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar biologi siswa kelas X di SMA Plus Al-Azhar Jember tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Silfi Julia Angga Rista
Date Deposited: 06 Jul 2023 07:13
Last Modified: 06 Jul 2023 07:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25333

Actions (login required)

View Item View Item