Pendidikan politik perempuan pada muslimat nahdlatul ulama pimpinan anak cabang Ambulu Jember sebagai sumber belajar ilmu pengetahuan sosial sekolah menengah pertama

Halimah, Siti Nur (2023) Pendidikan politik perempuan pada muslimat nahdlatul ulama pimpinan anak cabang Ambulu Jember sebagai sumber belajar ilmu pengetahuan sosial sekolah menengah pertama. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI NUR HALIMAH_T20199015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Siti Nur Halimah, 2023: Pendidikan Politik Perempuan Pada Muslimat Nahdlatul Ulama Pimpinan Anak Cabang Ambulu Jember Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Pertama.
Kata Kunci: Pendidikan Politik, Muslimat NU, Sumber Belajar
Perempuan dalam pembangunan bangsa pada hakikatnya adalah upaya peningkatan status (kedudukan), peran, kemampuan, kemandirian, dan ketahanan mental, serta spiritual, perempuan sebagai bagian tak terpisahkan dari upaya peningkatan kualitas sumberdaya manusia. Perempuan penting untuk terlibat dalam politik karena akses kontrol dan pengambilan kebijakan merupakan hak asasi manusia. Muslimat NU PAC Ambulu merupakan organisasi Islam perempuan yang memiliki kepedulian terhadap politik.
Fokus Penelitian ini adalah (I) Bagaimana peran muslimat NU PAC Ambulu Jember dalam mewujudkan pendidikan politik perempuan?, (II) Bagaimana implementasi pendidikan politik perempuan di muslimat NU PAC Ambulu Jember dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Pertama? Kemudian penelitian ini memiliki tujuan: (I) Mendeskripsikan peran muslimat NU PAC Ambulu Jember dalam mewujudkan pendidikan politik perempuan. (II) Mendeskripsikan implementasi pendidikan politik perempuan di muslimat NU PAC Ambulu Jember dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Pertama.
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan model Miles, dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, dan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa, (I) beberapa anggota Muslimat NU PAC Ambulu masih memiliki stigma negative terhadap politik dan stigma negative ini menjadi faktor penyebab rendahnya minat anggota muslimat terjun dalam politik, selain itu sistem patriarki di masyarakat yang masih kental. Pendidikan politik yang dilaksanakan Muslimat NU PAC Ambulu menggunakan strategi struktural dan kultural, strategi struktural berupa sosialisasi dan diskusi, sedangkan strategi kultural dengan melakukan pendekatan pribadi kepada anggota muslimat, dan juga menjalankan peran dalam organisasi. Namun dalam pelaksanakan pendidikan politik yang sudah dilaksanakan hanya sesuai kebutuhan saja. (II) Iplementasi pendidikan politik sebagai sumber belajar IPS SMP menggunakan model pembelajaran kelembagaan sosial, sesuai dengan KD kelas VII semester 1, yaitu 3.3 Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130104 Kura Kaupapa Maori (Maori Primary Education)
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160801 Applied Sociology, Program Evaluation and Social Impact Assessment
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2202 History and Philosophy of Specific Fields > 220207 History and Philosophy of the Humanities
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Siti Nur Halimah
Date Deposited: 13 Jul 2023 08:15
Last Modified: 13 Jul 2023 08:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26809

Actions (login required)

View Item View Item